Analisis faktor perilaku konsumtif mahasiswa : Studi kasus pada magasiswa jurusan sosiologi UIN SGD Bandung Angakatan 1-2

Mufti, Khifni kaifih (2023) Analisis faktor perilaku konsumtif mahasiswa : Studi kasus pada magasiswa jurusan sosiologi UIN SGD Bandung Angakatan 1-2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab1)
4_BAB I.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor sosial yang menyebabkan prilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi semester I-II Tahun Akademik 2019-2020 Fakultas Fisip Universitas Islam Negeri Bandung. Kebutuhan manusia semakin lama semakin berkembang sejalan dengan pola dan gaya hidup. Semakin maju peradaban manusia, semakin tinggi pula kebutuhannya pada barang-barang yang akan dikonsumsi. Manusia tidak pernah puas ingin mengejar apa yang menjadi trend saat ini sehingga perilaku konsumtif akan terus bergulir dan tidak akan pernah. zaman sekarang merupakan era modern serba mudah dibantu dengan keberadaan alat komunikasi yang canggih seperti android, gadget beserta internet sehingga mempermudah pembelian barang ataupun makanan, didapat melalui online dan membuat para mahasiswa memiliki prilaku konsumtif. Tujuan penelitian diantaranya (1) mengetahui indikator mahasiswa berprilaku konsumtif (2) untuk mengetahui faktor penyebab mahasiswa mempunyai prilaku konsumtif, (3) untuk mencari langkah yang perlu diusahakan agar mahasiswa tidak berprilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan Teori Masyarakat Konsumsi dari Jean Baudrillard menjelaskan tentang seseorang yang mengkonsumsi suatu barang berarti ia sedang menghabiskan daya guna barang tersebut (benda atau jasa) dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Mentalitas konsumen bersifat individu dan kolektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa dan menggunakan peristiwa yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya (1) observasi (2) wawancara dan (3) Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan (1) di reduksi (reduction) (2) display hingga di tarik kesimpulan (verifikasi).Berdasarkan hasil penelitian di kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi semester I-II Tahun Akademi 2019-2020 dapat disimpulkan (1) Indikator mahasiswa berprilaku konsumtif yaitu membeli barang karena hadiah yang menarik, kemasan menarik, untuk menjaga diri dari gengsi, karena ada potongan harga, untuk menjaga status sosial, karena iklan, dan karena menambah nilai rasa pede dalam diri yang lebih tinggi. (2) Faktor pendorong mahasiswa itu berprilaku konsumtif terdiri dari faktor internal dan ekternal. (3) Langkah agar mahasiswa tidak berprilaku konsumtif yaitu menabung, membuat anggaran biaya, prioritaskan kebutuhan, hindari pemakaian kartu kredit, mulailah berinvestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; pada mahasiswa ;Jurusan sosiologi; UIN Bandung
Subjects: General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: khifni khifni kaifih mufti
Date Deposited: 15 May 2023 00:50
Last Modified: 15 May 2023 00:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67840

Actions (login required)

View Item View Item