Peruhahan perilaku anak muda Generasi Z pengiat media sosial di daerah Jakarta Selatan : Studi deskriptif di kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Bahri, Muhamad Syaiful (2023) Peruhahan perilaku anak muda Generasi Z pengiat media sosial di daerah Jakarta Selatan : Studi deskriptif di kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan zaman di era digital dan semakin pesatnya informasi dari sosial media. Pergeseran nilai-nilai budaya lokal terhadap budaya luar, membuat generasi z cenderung fokus terhadap teknologi dan gaya hidup barat menyebabkan terjadinya perubahan perilaku generasi z meliputi bahasa, komunikasi, sikap dan pergaulan. Tujan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan faktor yang mempengaruhi perubahan sosial perilaku anak muda generasi z. Selain itu, untuk mengetahui dampak perubahan sosial perilaku anak muda generasi z di Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial Talcott Parson dalam sebuah konsep "AGIL" berkaitan dengan bentuk dan proses yang terjadi pada perubahan tersebut, melalu empat imperatif fungsional: adaptation, goal attainment, integration, dan lantency. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk perubahan perilaku generasi z meliputi: a) pengunaan bahasa asing; b) gaya hidup modern; c) perilaku konsumtif dan hedonisme; d) individualistik; e) komunikasi melalui sosial media; f) pergaulan bebas. Faktor yang mempengaruhi perubahan sosial perilaku anak muda generasi z dipengaruhi oleh faktor internal seperti kondisi psikologi, sedangkan faktor eksternal akan berkaitan dengan sosial-budaya. Adapun dampak peruhan perilaku generasi z pegiat media sodial meliputi dampak positif membentuk pola pikir open minden, sedangkan dampak negatif membentuk perilaku konsuntif, hedonisme dan individualistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perubahan perilaku; pegiat media sosial; generasi z;
Subjects: Social Process
Culture and Institutions
Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: muhamad syaiful bahri
Date Deposited: 15 May 2023 03:14
Last Modified: 15 May 2023 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67846

Actions (login required)

View Item View Item