Pengaruh kepemimpinan Kiai dan kinerja guru terhadap prestasi belajar santri : Penelitian di Pondok Pesantren Ulumul-Quran Sumedang

Hartati, Hartati (2023) Pengaruh kepemimpinan Kiai dan kinerja guru terhadap prestasi belajar santri : Penelitian di Pondok Pesantren Ulumul-Quran Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Prestasi Belajar Santri yang tinggi salah satunya ditunjukkan dengan adanya pengaruh dari luar baik dari guru maupun dari lingkungannya. Prestasi belajar santri dapat diukur melalui potensi afektif, kognitif dan psikomotor. Maka dari itu kepemimpinan dan kinerja memegang peranan penting dalam pencapaian prestasi dapat tercapai secara maksimal. Faktanya sekarang masih terlihat di beberapa tempat permasalahan santri bahwa masih terdapat santri yang kurang memahami pelajaran sehingga menguasai kompetensi dirasakan masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi tentang kepemimpinan kiai, kinerja guru, dan prestasi belajar santri serta mengetahui pengaruh dari kepemimpinan kiai, kinerja guru terhadap prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Ulumul-Quran Sumedang. Kerangka berpikir dari penelitian ini merujuk kepada teori Weber Sparks ,Soudijarto dan Muhibbin Syah, bahwa dalam penilaian prestasi di dalamnya terdapat indikator kemampuan afektif, kognitif dan psikomotor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan dengan metode kuantitatif deskriptif korelatif yang pengumpulan datanya berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji validitas, normalitas data, regresi linier dan korelasi dengan menggunakan SPSS v.26.0. Penelitian ini menggunakan Uji F Simultan yang berarti uji pengaruh variabel X secara bersama-sama terhadap variabel Y. Dasar pengambilan keputusan, jika nilai Sig > 0,05 maka Ho diterima. Namun jika nilai Sig < 0,05 maka Ho ditolak. Nilai Sig untuk Regression adalah 0,991 b nilai ini lebih besar dari ada pengaruh Kepemimpinan Kiai dan Kinerja Guru terhadap prestasi belajar santri. Nilai R Squere pada penelitian ini adalah 0,001 atau 0,1 %. Sehingga dapat dikatakan Kepemimpinan Kiai dan Kinerja Guru secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 31,60% sisanya 100% - 0,01% = 99,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kepemimpinan Kiai, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpin; Kiai; Kinerja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hartati Hartati
Date Deposited: 19 May 2023 03:44
Last Modified: 19 May 2023 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68110

Actions (login required)

View Item View Item