Intensifikasi pemungutan pendapatan daerah pada Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung

Sari, Chindi Permata (2023) Intensifikasi pemungutan pendapatan daerah pada Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Retribusi daerah menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang potensial dengan memberikan masukan cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung. Retribusi Terminal merupakan jenis retribusi daerah yang berpotensi terhadap peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bandung, dimana Kota Bandung merupakan kota besar dengan memiliki kemajuan terutama pada segi perekonomi juga pada segi kehidupan sosial, sehingga mobilitas masyarakat Kota Bandung tergolong cukup tinggi. Dalam mendukung hal tersebut maka sarana dan prasarana transportasi merupakan hal penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan daerah Kota Bandung. Dengan demikian, diharapkan adanya peningkatan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui intensifikasi pemungutan pendapatan daerah pada Unit Pelaksanaan Teknis Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung, dengan menggunakan teori optimalisasi intensifikasi pajak atau retribusi daerah, dengan lima dimensi yang digagas oleh Sidik (2019) yaitu memperluasan basis penerimaan, memperkuat proses pemungutan, meningkatkan pengawasan, meningkatkan efesiensi administrasi, serta meningkatkan kapasitas penerimaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif , data primer dan data sekunder yang di dapat melalui teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dengan mengacu pada teori Sidik (2019), pelaksanaan intensifikasi pemungutan pendapatan daerah yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung belum dilakukan dengan baik, di mana terdapatnya beberapa indikator yang kurang optimal dilakukan sehingga menjadi beberapa hambatan yang terjadi dilapangan. Terlihat pada dimensi memperluas basis penerimaan, meningkatkan efisiensi administrasi, dan dimensi meningkatkan kapasitas penerimaan belum dilaksanakan dengan baik karena adanya indikator yang belum terpenuhi. Sehingga disimpulkan bahwa Intensifikasi yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksaan Teknis Daerah Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung tidak mencapai indikator dari teori Optimalisasi Intensifikasi yang digunakan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah; Retribusi Terminal; Intensifikasi
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management
General Management > Financial Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: chindi permata sari
Date Deposited: 19 May 2023 01:10
Last Modified: 19 May 2023 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68111

Actions (login required)

View Item View Item