Representasi perjuangan Jurnalis perempuan dalam film dokumenter Writing With Fire : Studi analisis semiotika John Fiske

Aziz, Muhammad Ma'mur Abdul (2023) Representasi perjuangan Jurnalis perempuan dalam film dokumenter Writing With Fire : Studi analisis semiotika John Fiske. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Film dokumenter Writing With Fire merupakan film yang berasal dari kisah nyata, mengisahkan tentang potret perjuangan jurnalis perempuan yang harus menghadapi beragam tantangan dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalispada media surat kabar Khabar Lahariya. Tindakan diskriminasi gender terhadap perempuan dan sikap diskriminasi terhadap kaum kasta rendah (Dalit) yang mereka alami, tidak menjadi hambatan bagi para jurnalis tersebut untuk berkarya dan bekerja.Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi perjuangan jurnalis perempuan dalam film dokumenter Writing With Fire. Sesuai dengan pertanyaan penelitian yakni ditinjau dari tiga level pengkodean John Fiske, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi yang mengandung nilai dan makna perjuangan. Penelitian ini menggunakan analisis teks media dengan jenis analisis semiotika. Merupakan jenis analisis yang membahas informasi dan berita pada sebuah teks atau media, terepresentasi menggunakan simbol, tanda dan kode. Hal tersebut berhubungan karena pada sebuah film terdapat banyak simbol dan kode yang muncul dan harus dianalisis untuk mengetahui pesan dan makna yang ingin disampaikan dalam film tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis semiotika John Fiske dengan teori the code of television, yang terbagi ke dalam tiga tahapan analisis yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Data pada penelitian ini diperoleh dari film Writing With Fire yang kemudian terbagi ke dalam beberapa scene, sampai ditarik sebuah hasil penelitian pada bagiansimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan 10 scene dalam adegan film dokumenter Writing With Fire yang merepresentasikan perjuangan jurnalis perempuan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap scene yang diteliti telah tergambar secara tepat dan ideal dalam merepresentasikansebuah perjuangan,realitas tersebut terbukti dalam setiap adegan yang memperlihatkan para jurnalis perempuan dalam film Writing With Fire, ketika melakukan wawancara dan liputan.Selain itu film ini juga menunjukan bentuk dan nilai perjuangan jurnalis perempuan, melalui penggunaan beragam angle camera, suara, dan cahaya. Film ini juga memberikan pengetahuan kepada para penontonnya baik secara langsung ataupun tidak langsung, bahwasanya para jurnalis perempuan memiliki integritas dan sikap independen yang menandakan sikap profesional mereka dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perjuangan; Jurnalis Perempuan; Semiotika; Film Dokumenter Writing With Fire;
Subjects: Philosopy and Theory > Semiotics
Public Performances > Motion Pictures, Movies
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Ma’mur Abdul Aziz
Date Deposited: 25 May 2023 00:42
Last Modified: 25 May 2023 00:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68447

Actions (login required)

View Item View Item