Syabani, Annisa Asri (2023) Pengembangan media pembelajaran animasi Stop Motion pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, kelayakan serta respon siswa terhadap media pembelajaran animasi stop motion pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian reseach and development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang kemudian diserderhanakan menjadi 3D (define, design, dan develop). Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari media animasi stop motion yaitu menggunakan format video mp4 yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta memiliki warna background yang soft dan durasi video yang tidak terlalu lama. Penggunaan media pembelajaran animasi stop motion pada hasil kognitif siswa materi sistem pencernaan dengan jumlah siswa yang memenuhi KKM mencapai 76% dengan perolehan kategori baik. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media persentase yaitu sebesar 81,42% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari ahli materi memperoleh persentase yaitu sebesar 75% dengan kriteria valid dan hasil dari guru IPA 86,92% dengan kriteria sangat valid. Perolehan presentase nilai respon peserta didik yaitu memperolehan nilai rata-rata 46,75 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran animasi stop motion ini layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Animasi; Stop Motion; Materi Sistem Pencernaan |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Annisa Sri Syabani |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:26 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69035 |
Actions (login required)
View Item |