Pengembangan media pembelajaran animasi Stop Motion pada materi sistem pencernaan

Syabani, Annisa Asri (2023) Pengembangan media pembelajaran animasi Stop Motion pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, kelayakan serta respon siswa terhadap media pembelajaran animasi stop motion pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian reseach and development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang kemudian diserderhanakan menjadi 3D (define, design, dan develop). Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari media animasi stop motion yaitu menggunakan format video mp4 yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta memiliki warna background yang soft dan durasi video yang tidak terlalu lama. Penggunaan media pembelajaran animasi stop motion pada hasil kognitif siswa materi sistem pencernaan dengan jumlah siswa yang memenuhi KKM mencapai 76% dengan perolehan kategori baik. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media persentase yaitu sebesar 81,42% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari ahli materi memperoleh persentase yaitu sebesar 75% dengan kriteria valid dan hasil dari guru IPA 86,92% dengan kriteria sangat valid. Perolehan presentase nilai respon peserta didik yaitu memperolehan nilai rata-rata 46,75 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran animasi stop motion ini layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Animasi; Stop Motion; Materi Sistem Pencernaan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Annisa Sri Syabani
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:26
Last Modified: 08 Jun 2023 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69035

Actions (login required)

View Item View Item