Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Preview Questions Read Reflect Recite Review hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian korelasional pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Garut

Novian, Riki (2023) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Preview Questions Read Reflect Recite Review hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian korelasional pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan banyak perubahan pada sistem pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring dan berubah lagi menjadi pembelajaran tatap muka. Hal ini menyebabkan adanya kesulitan yang dirasakan dan dialami oleh guru dan siswa. Kesulitan guru yaitu dalam transfer of value (nilai), sedangkan kesulitan siswa yaitu tidak fokus pada saat mengikuti pembelajaran, kurangnya pengetahuan awal tentang materi yang akan dipelajari, mudah melupakan materi, ketidakstabilan jaringan yang membuat siswa lebih fokus pada tugasnya saja tanpa memahami lebih dalam materi yang diberikan sehingga perolehan hasil belajar kognitif sebagian siswa belum maksimal. Dengan demikian, untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa maka guru menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PQ4R pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 11 Garut. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 11 Garut. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PQ4R dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 11 Garut. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa penggunaan metode PQ4R dipandang dapat meningkatkan kinerja memori dalam memahami substansi teks, sehingga berhubungan dengan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PQ4R maka semakin baik hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Begitu pun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif korelasional. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Garut sebanyak 215 siswa. Teknik analisis data yaitu analisis parsial, uji normalitas, analisis regresi, analisis korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PQ4R berkategori positif dengan rata-rata skor sebesar 3,59 yang berada pada interval 3,50-4,50. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti berkategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 83,80 yang berada pada interval 80-100. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PQ4R dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti berkategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,26 yang berada pada interval 0,26-0,50. Hasil uji hipotesis thitung (3,932) > ttabel (1,652039). Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PQ4R dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 11 Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riki Novian
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:48
Last Modified: 07 Jun 2023 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69039

Actions (login required)

View Item View Item