Jamaludin, Siti Fauziah (2023) Penerapan Inquiry Training Model (ITM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu ditingkatkan. Salah satu alternatif untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan Inquiry Training Model (ITM). Tujuan penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara siswa yang menggunakan ITM dengan pembelajaran konvensional; (b) untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan berpikir krtitis matematis siswa antara siswa yang menggunakan ITM dengan pembelajaran konvensional; (c) untuk mengetahui respon siswa terhadap ITM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat. Data diperoleh menggunakan instrument test berupa test kemampuan berpikir kritis dan non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (a) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ITM lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara siswa yang menggunakan ITM dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) respon siswa terhadap pembelajaran ITM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menunjukan respon yang baik. Dengan demikian, Inquiry Training Model (ITM) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Training Model; Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Algebra > Linear, Multilinear, Multidimensional Algebra Applied mathematics > Programming Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Fauziah Jamaludin |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 03:42 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69813 |
Actions (login required)
View Item |