Penerapan Inquiry Training Model (ITM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Jamaludin, Siti Fauziah (2023) Penerapan Inquiry Training Model (ITM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu ditingkatkan. Salah satu alternatif untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan Inquiry Training Model (ITM). Tujuan penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara siswa yang menggunakan ITM dengan pembelajaran konvensional; (b) untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan berpikir krtitis matematis siswa antara siswa yang menggunakan ITM dengan pembelajaran konvensional; (c) untuk mengetahui respon siswa terhadap ITM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat. Data diperoleh menggunakan instrument test berupa test kemampuan berpikir kritis dan non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (a) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ITM lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara siswa yang menggunakan ITM dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) respon siswa terhadap pembelajaran ITM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menunjukan respon yang baik. Dengan demikian, Inquiry Training Model (ITM) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Training Model; Berpikir Kritis Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Algebra > Linear, Multilinear, Multidimensional Algebra
Applied mathematics > Programming Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Fauziah Jamaludin
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:42
Last Modified: 03 Jul 2023 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69813

Actions (login required)

View Item View Item