Hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian korelasional pada siswa kelas V MI Asih Putera Kota Cimahi

Handayani, Hera (2023) Hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian korelasional pada siswa kelas V MI Asih Putera Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki peran utama dalam perkembangan seorang anak, khususnya pada kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dan kemampuan berpikir kritis siswa serta mendeskripsikan hubungan antar keduanya pada siswa kelas V di MI Asih Putera. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 41 siswa. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket pola asuh orang tua dan tes essai kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi bivariate yang dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu melakukan uji normalitas untuk mengetahui data populasi berdistribusi normal atau tidak, kemudian uji korelasi untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel, dan yang terakhir melakukan perhitungan koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memiliki rata-rata sebesar 56,88 dan termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa memiliki rata-rata sebesar 72,32 dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Adapun hasil uji korelasi Product Moment diketahui r hitung = 0,311. Jika α = 5% dan N = 41, maka diperoleh r tabel = 0,308, karena r hitung lebih besar dari r tabel maka H0 diterima dan H1 diterima yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, maka didapatkan hasil bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 9,67% dan 90,33% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi yaitu: lingkungan sekolah, karakteristik siswa, motivasi siswa serta faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua; Kemampuan berpikir kritis siswa; Mata Pelajaran IPA
Subjects: Pastoral Care of Families
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hera Handayani -
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:54
Last Modified: 04 Jul 2023 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69979

Actions (login required)

View Item View Item