Praktik Citizen Journalism pada radio Elshinta 89,3 Fm Bandung : Studi kasus terhadap praktik Citizen pada radio Elshinta 89,3 Fm Bandung

Lestari, Aulia Indah (2016) Praktik Citizen Journalism pada radio Elshinta 89,3 Fm Bandung : Studi kasus terhadap praktik Citizen pada radio Elshinta 89,3 Fm Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media penyiaran efektif, karena dapat menembus lapisan masyarakat. Karakteristik lain dari radio adalah radio as a background maksudnya, pendengar dapat melakukan apa saja sambil mendengarkan radio. Informasi tidak harus didapatkan dari wartawan dan media namun informasi juga dapat didapatkan dari citizen journalism. Sedangkan pada dasarnya citizen journalism merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakata dalam proses kegiatan jurnalistik. Radio Elshinta dipilih sebagai objek penelitian dikarnakan Radio ini adalah salah satu radio Berita terbesar di indonesia. Terutama di kota Bandung yang mengunakan praktik citizen journalism sebagai salah satu informasi yang di ungulkan dalam setiap programnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyajian berita citizen journalism, mengetahui strategi manajemen dalam mengatur penajian berita citizen journalism, dan mengetahui kebijakan di redaksi dalam mengatur pemberitaan citizen journalism di Elshinta Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Metode yang digunakan tersebut akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari observasi dilapangan. Untuk menelaah sebanyak mungkin sebagai subjek yang diteliti. Dengan menggunakan pengamatan, penelaahan dokumen diuraikan secara terinci. Teori yang digunakan adalah Teori media baru atau New Media dan Teori Gate keeper. Teori media baru memaparkan keterkaitan mengenai citizen journalism memunculkan media baru. Sedangkan Teori Gate Keeper adalah menyaring pesan yang diterima seseorang serta membatasi pesan yang diterima komunikan. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam proses penyajian kegiatan citizen journalism melalui berbagai tahapan. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan listener servis atau dalam proses penyaringan informasi. Sedangkan dalam strateginya radio Elshinta dijadikan pilihan masyarakat karena cepat tanggapnya radio Elshinta dibandingkan radio berita lainnya. Serta radio Elshinta memiliki kebijakan redaksi dalam pengaturan berita citizen journalism, akan melalui pengecekan oleh kabiro sehingga berita citizen journalism-nya sesuai dengan kualitas yang telah ditentukan dan dikonsep terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; radio Elshinta 89,3 Fm Bandung;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:40
Last Modified: 10 Aug 2023 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70001

Actions (login required)

View Item View Item