Penerapan model pembelajaran The Power of Two untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperiment pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Bayongbong Kabupaten Garut

Jalal, M. Rifky Faisal (2023) Penerapan model pembelajaran The Power of Two untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperiment pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Bayongbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
1_cover.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_Daftar Isi)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_Bab1)
4_bab1.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (5_Bab2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text (6_Bab3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (7_Bab4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy
[img] Text (8_Bab5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (9_Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas VIII SMPN 1 Bayongbong Kabupaten Garut mengenai proses pembelajaran, ditemukan bahwa guru yang mengajar telah menggunakan metode seperti ceramah dan tanya jawab dan belum menerapkan model pembelajaran tipe kooperatif the power of two. Dilihat dari hasil belajar peserta didik yang rata-rata nilainya yaitu 75 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih relatif rendah ini menunjukkan bahwa daya serap yang dimiliki peserta didik masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang optimal. Dengan ini peneliti ingin menerapkan model pembelajaran tipe kooperatif the power of two yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Tipe Kooperatif The Power Of Two di kelas VIII SMPN 1 Bayongbong Kabupaten Garut terhadap hasil belajar kognitif peserta didik; (2) Untuk mengetahui peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran Tipe Kooperatif The Power Of Two di kelas VIII SMPN 1 Bayongbong Kabupaten Garut terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini didasarkan bahwa model pembelajaran tipe kooperatif the power of two diasumsikan dapat meningkatkan karena model pembelajar ini mempunyai kelebihan dapat meningkatkan belajar kolaboratif dan mendorong munculnya keuntungan dari sinergi itu, sebab dua orang lebih baik daripada satu. hasil belajar yang menimbulkan suasana baru dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, dan reflektif, melatih peserta didik dalam berkomunikasi seperti berani mengungkapkan pendapat, berani di kritik maupun menghargai pendapat orang lain. Langkah-langkah penelitian ini adalah: (1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. (2) Responden dua kelas, 33 peserta didik kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas kontrol yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 1 Bayongbong Kabupaten Garut. (3) Alat pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan model pembelajaran tipe kooperatif the power of two pada mata pelajaran PAI dengan materi Ibadah Puasa membentuk Pribadi yang bertaqwa pada kelas yang diberi perlakuan (treatment) secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan sangat baik sesuai dengan tahapan yang direncanakan. Berdasarkan hasil observasi selama dua kali pertemuan keterlaksanaan aktivitas guru berjumlah 93% termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII setelah menggunakan model pembelajaran tipe kooperatif the power of two pada mata pelajaran PAI berdasarkan hasil rata-rata indeks N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,96 atau 96% artinya mempunyai peningkatan hasil belajar yang tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; hasil belajar; PAI
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Rifky Faisal Jalal
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:05
Last Modified: 14 Jul 2023 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70002

Actions (login required)

View Item View Item