Pengaruh kualitas produk dan labelisasi halal terhadap minat beli pada marketplace halalpedia

Hanifah, Nur Hasanah (2023) Pengaruh kualitas produk dan labelisasi halal terhadap minat beli pada marketplace halalpedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Menjamurnya industri e-commerce dan meningkatnya tren gaya hidup halal, maka diperlukannya marketplace yang mengkhususkan pada produk halal untuk mengakomodasi kebutuhan umat muslim di Indonesia. Hadirnya marketplace halalpedia menjadi sebuah solusi bagi masyarakat muslim di Indonesia yang ingin beralih ke gaya hidup halal. Akan tetapi, aplikasi halalpedia saat ini berjumlah -+ 6.000 pengguna (halalpedia, 2023). Peningkatan minat beli melalui halalpedia dapat diwujudkan dengan adanya kualitas produk disertasi labelisasi halal pada produk yang tercantum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas produk dan labelisasi halal terhadap minat beli pada marketplace halalpedia baik secara parsial ataupun secara simultan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat beli yang dalam penelitian ini adalah keinginan konsumen berbelanja melalui marketplace. Minat beli konsumen muslim yang berbelaja online dapat dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya adalah kualitas produk dan pencantuman label halal. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian, uji korelasi, uji hipotesis dan analisis regresi. Peneliti menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 25 dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai uji parsial (uji T) thitung > ttabel untuk variabel Kualitas Produk yaitu 6.887 > 1,98472, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap minat beli. Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada marketplace halalpedia. Hal ini dibuktikan dengan uji parsial (uji T) nilai thitung > ttabel untuk labelisasi halal yaitu 7,406 > 1,98472. Kualitas produk dan labelisasi halal secara simultan mempengaruhi minat beli pada marketplace halalpedia. Dengan pengujian secara simultan (uji F) yang memperoleh hasil nilai Fhitung > Ftabel yaitu 40,514 > 3,09. Sedangkan hasil pada pengujian koefisien determinasi (R 2 ) sebesar sebesar 0,317 juga membuktikan bahwa pengaruh kualitas produk dan labelisasi halal secara bersama-sama (simultan) terhadap minat beli pada marketplace Halalpedia adalah sebesar 45,5% dan sisanya sebesar 54,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk; Labelisasi Halal; Minat Beli
Subjects: Administration of Economy > Administration of Commerce
Business
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanifah Nur Hasanah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70041

Actions (login required)

View Item View Item