Respons terhadap Trend Outfit Of The Day (OOTD) dan hubungannya dengan perilaku keagamaan : Penelitian korelasional terhadap Santriwati Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Kab. Bandung

Syafira, Rahma (2023) Respons terhadap Trend Outfit Of The Day (OOTD) dan hubungannya dengan perilaku keagamaan : Penelitian korelasional terhadap Santriwati Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan pakaian yang terlalu ketat, transparan atau terbuka secara tidak semestinya. Jika santriwati mengikuti trend ini tanpa prinsip-prinsip agama, mereka mungkin lebih memikirkan penampilan daripada mendalami pengetahuan agama, melaksanakan ibadah dengan khusyu’ atau berpartisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan lainnya. Sedangkan, bagi santriwati menggunakan trend OOTD sebagai peluang untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbusana dengan memadukan pakaian yang sesuai dengan aturan agama. Para santriwati juga menyadari bahwa penampilan luar hanya sebatas fisik, sedangkan nilai-nilai agama sejati terletak dalam hubungan yang kuat dengan Allah. Tujuan dari penelitian adalah : 1) Mengetahui respons santriwati terhadap trend outfit of the day (OOTD) pondok pesantren Al-Ittifaq Rancabali. 2) Mengetahui perilaku keagamaan santriwati pondok pesantren Al-Ittifaq Rancabali. 3) Mengetahui hubungan respons santriwati terhadap trend outfit of the day (OOTD) dengan perilaku keagamaan santriwati pondok pesantren Al-Ittifaq Rancabali. Metodologi penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah santriwati pondok pesantren Al-Ittifaq, populasi yang diambil berjumlah 86 santriwati. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, obervasi, wawancara dan dokumentasi. Trend Outfit Of The Day (OOTD) dapat mengekspresikan diri dan gaya pribadi mereka melalui pilihan busana, serta sesuai mereka juga memperhatikan tuntunan agama dan peratura yang ada dipondok. Maka, dirumuskan hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara respons trend outfit of the day (OOTD) dengan perilaku keagaaman santriwati. Hasil yang diperoleh pada respons trend outfit of the day (OOTD) memperoleh nilai rata-rata 60,1%. Sedangkan, perilaku keagaaman memperoleh nilai rata-rata 70,18%, sehingga kedua angka tersebut berada pada interval 60% – 79,99% dan dikategorikan tinggi. Selanjutnya, diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,401. Hasil uji signifikansi memperoleh r hitung = 0,401, setelah dibandingkan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh r tabel = 0,212. Hal tersebut menunjukan bahwa r hitung 0,401 > r tabel 0,212 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Selain itu, respons trend OOTD juga memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap perilaku keagamaan santriwati pondok pesantran Al-Ittifaq Rancabali Kab. Bandung yaitu sebesar 16,1% dan 83,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah respons trend OOTD memiliki hubungan sangat rendah dengan perilaku keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respons; Trend; OOTD; Perilaku Keagamaan; Santriwati
Subjects: Ethics of Social Relations
Islam > Specific Moral Issues
Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Syafira
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:37
Last Modified: 06 Jul 2023 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70082

Actions (login required)

View Item View Item