Pemanfaatan Instagram oleh komunitas Lines Vape terhadap perubahan gaya hidup di kalangan perokok : Penelitian di jalan raya Pekayon Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi

Verreano, Verreano (2023) Pemanfaatan Instagram oleh komunitas Lines Vape terhadap perubahan gaya hidup di kalangan perokok : Penelitian di jalan raya Pekayon Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan gaya hidup merokok yang dilakukan komunitas lines vape dalam memanfaatkan media sosial untuk membantu mengurangi kecanduan konvensional dan beralih ke rokok elektrik. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai pemanfaatan Instagram yang menjadi sarana untuk memperkenalkan komunitas Lines Vape tentunya melalui media sosial yang telah dimilikinya tersebut. Ketertarikan Peneliti didasarkan oleh keinginan untuk melihat fenomena yang terjadi pada sebuah organisasi Vaping yang mampu memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar dapat berhenti merokok untuk menciptakan udara yang bersih dan sehat bebas dari asap rokok dan beralih ke rokok elektrik. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann yang mengarah kepada bagaimana sebenarnya Peter dan Thomas memberikan suatu pandangan bagaimana suatu proses pemaknaan yang dilakukan oleh setiap individu terhadap lingkungan dan aspek diluar dirinya yang terdiri dari proses eksternalisasi, internalisasi dan obyektivasi. Eksternalisasi adalah penyesuaian diri dengan dunia sosiokultural sebagai produk manusia, objektivasi adalah interaksi sosial dalam dunia intersubjektif yang dilembagakan atau mengalami proses institusionalisasi, Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode desktiptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi di lapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui masyarakat pengguna atau perokok aktif dan bagian terpenting dalam komunitas Lines Vape. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi, teknik pengumpulan data, wawancara, dan observasi.Teknik analisis data menggunakan teknik versi Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Instagram oleh komunitas lines vape dalam perubahan gaya hidup perokok di Pekayon Kota Bekasi. Konten pada unggahan Instagram Komunitas Lines Vape.co berupa informasi, dukasi, dan entertain atau hiburan mengenai Vaporizer. Tanggapan perokok yang sudah bergabung dengan komunitas Lines Vape.co Vaporizer dapat menghentikan menghisap rokok, Vaporizer tidak meninggalkan efek candu, Vaporizer lebih hemat dibandingkan rokok konvensional. Bentuk Pesan yang diberikan kepada pengikut Instagram komunitas Lines Vape.co dalam akunnya, adalah bentuk pesan Informatif dan Persuasif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup; Komunitas; Media Sosial; Rokok Elektrik
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Determinism and Indeterminism > Necessity
Social Process > Social Change
Communities
Social Welfare, Problems and Services > Tobacco Problems
Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nyulih Miftkahussurur Isman
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:07
Last Modified: 05 Jul 2023 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70083

Actions (login required)

View Item View Item