Pengaruh aliansi warung mikro dengan sistem murabahah terhadap Profit Margin on Sales Bank Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Ujungberung tahun 2011- 2013

Rachmania, Ima (2014) Pengaruh aliansi warung mikro dengan sistem murabahah terhadap Profit Margin on Sales Bank Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Ujungberung tahun 2011- 2013. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan BI (Bank Indonesia) sebagai regulator perbankan nasional yang ingin melakukan akselerasi yaitu dengan aliansi yang dilakukan dalam rangka pengembangan perbankan syariah. Aliansi ini juga menjadi produk di Warung Mikro Bank Syariah Mandiri KCP (Kantor Cabang Pembantu) Ujungberung. Dilihat dari jumlah penyaluran tahun 2011-2013, aliansi ini mengalami kenaikan yang pada akhirnya akan berimbas pada perolehan tingkat profit margin on sales. Maka dari itu penulis akan meneliti seberapa besar kontribusi aliansi terhadap profit margin on sales Bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Aliansi Warung Mikro dengan Sistem Murabahah Terhadap Profit Margin on Sales Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung. Dimana aliansi warung mikro dengan sistem murabahah sebagai variabel bebas (X) dan profit margin on sales sebagai variabel terikat (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun perhitungan statistik yang digunakan yaitu dengan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi ppm, analisis koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik uji t. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung selama periode 2011-2013. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peranan aliansi, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil a = 14,007 artinya bahwa setiap perubahan pembiayaan Aliansi akan diimbangi dengan perubahan profit margin on sales sebesar 14,007 serta b = 0,510, berarti bahwa setiap perubahan pembiayaan Aliansi sebesar 1% akan diikuti dengan perubahan profit margin on sales sebesar = 0,510. Kemudian perhitungan analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,729, yang berarti aliansi mempunyai hubungan yang kuat terhadap profit margin on sales Bank. Selanjutnya dengan menggunakan analisis koefisien determinasi yang menunjukkan pengaruh aliansi terhadap profit margin on sales yaitu sebesar (0,729)² = 53,1%. Analisis statistik uji t menunjukkan hasil bahwa aliansi berpengaruh signifikan terhadap profit margin on sales, hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis dimana diperoleh thitung = 3,366, dengan tingkat signifikan (α = 0,05) untuk uji dua pihak, dk = 12 - 2 =10 sehingga didapat ttabel = 2,228. Ternyata nilai thitung > ttabel atau 3,366 > 2,228, maka Ha diterima dan Ho ditolak, serta dengan tingkat probabilitas Sig = 0,007 kemudian dibandingkan dengan nilai probabilitas 0,05, ternyata nilai probabilitas 0,05 lebih besar dari nilai Sig atau (0,05 > 0,007) maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya aliansi berpengaruh signifikan terhadap profit margin on sales Bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aliansi; murabahah; profit margin on sales.
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:59
Last Modified: 07 Jul 2023 02:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70121

Actions (login required)

View Item View Item