Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return On Asset terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018-2022

Oktaviani, Siti Atikah (2023) Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return On Asset terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return On Asset secara teori memiliki hubungan dengan nilai perusahaan. Semakin tinggi tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return On Asset maka akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, begitupun sebaliknya. Namun faktanya terdapat hasil analisis data annual report pada tujuh sampel Perusahaaan Manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018-2022 yang menunjukkan adanya ketidaksesuaian dengan teori tersebut. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pengungkapan Corporate Social Responsibility; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility secara parsial terhadap nilai perusahaan; 3) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pengungkapan Return On Asset secara parsial terhadap nilai perusahaan; 4) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Corporate Social Responsibility dan Return On Asset secara simultan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018-2022. Corporate Social Responsibility adalah tanggung jawab perusahaan untuk memperbaiki dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari kegiatan bisnis dan operasionalnya. Return On Asset adalah indikator keuangan yang mengukur efisiensi perusahaan dalam menghasilkan laba dari aset yang dimiliki. Nilai perusahaan mencerminkan pandangan investor terhadap kinerja manajemen dalam mengelola perusahaan, mulai dari awal pendiriannya hingga saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Methods dengan tipe pendekatan berupa “Embedded Design”. Tipe pendekatan ini membebaskan peneliti untuk memilih salah satu metode yang diprioritaskan. Peneliti memprioritaskan metode penelitian kuantitatif dengan porsi 75% yang lebih besar dibandingkan dengan metode penelitian kualitatif dengan porsi 25%. Sumber data sekunder Annual report perusahaan manufaktur dan jurnal relevan. Pengumpulan data dengan observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis statistik deskriptif, analisis statistik asosiatif, dan uji hipotesisi dengan alat uji program SPSS 22. Hasil penelitian dari metode kualitatif yaitu memperlihatkan bahwasannya mekanisme pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan sampel Perusahaan Manufaktur yang terdaftarkan pada JII selama tahun 2018-2022 yaitu dapat ditinjau di Annual Report, dianalisis dengan GRI G4, dan ketujuh perusahaan manufaktur telah mengungkapan Corporate Social Responsibility setidaknya dari masing-masing indikator pada aspek ekonomi, lingkungan, dan social. Hasil penelitian dari metode kuantitatif yaitu Corporate Social Responsibility secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 dan nilai R Square sebesar 22,6%. Return On Asset secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R Square sebesar 42,6%. Corporate Social Responsibility dan Return On Asset secara simultan sama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R Square sebesar 51,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Return On Asset; Nilai Perusahaan
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Private Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Siti Atikah Oktaviani
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:56
Last Modified: 06 Jul 2023 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70197

Actions (login required)

View Item View Item