Pengaruh sabar terhadap kecerdasan emosional remaja: Studi deskriptif di pondok pesantren Darul Aitam Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi

Pandini, Tiara (2023) Pengaruh sabar terhadap kecerdasan emosional remaja: Studi deskriptif di pondok pesantren Darul Aitam Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan di pesantren melibatkan berbagai problematika, baik di lingkungan pesantren maupun dalam diri sendiri. Untuk menghadapi tantangan tersebut, penting bagi santri untuk menjalani kehidupan dengan ketenangan dan kemampuan mengelola emosi yang baik. Dalam konteks ini, kecerdasan emosional menjadi faktor penting dalam mengelola emosi dengan efektif. Dengan kecerdasan emosional santri dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan bijaksana, mencapai keseimbangan emosional yang lebih baik, serta menghadapi situasi hidup secara efektif. Peneliti berasumsi bahwa sikap sabar dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Sikap sabar melibatkan ketenangan pikiran, kesabaran dalam menghadapi tantangan atau kesulitan, serta kemampuan untuk menahan diri dari bereaksi secara negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara sabar terhadap kecerdasan emosional remaja santri di Pondok Pesantren Darul Aitam Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakam metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket/kuesioner. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 50 santri di Pondok Pesantren Darul Aitam Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi rank spearman, dan analisis koefisien determinasi. Hasil Penelitian ini didapatkan bahwa tingkat sabar pada remaja santri pondok pesantren Darul Aitam Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi didominasi pada tingkat sedang, yaitu dengan persentase 80% dan tingkat kecerdasan emosional yang didominasi pada tingkat sedang juga, yaitu dengan persentase 54% dari keseluruhan 50 santri. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana dimana nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa sabar berpengaruh terhadap kecerdasan emosional, dengan hasil uji kolerasi 0,705, artinya hubungan kedua variabel positif, dan hasil uji koefisien determinasi (R²) menunjukan persentase pengaruh sebesar 55,2%. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan antara sabar terhadap kecerdasan emosional pada santri pondok pesantren Darul Aitam Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Remaja santri yang memiliki tingkat kesabaran yang lebih tinggi cenderung memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik. Kemampuan mereka untuk mengendalikan emosi, mengatasi stres, memahami emosi orang lain, dan menjaga hubungan interpersonal yang sehat lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sabar; Kecerdasan Emosional; Remaja
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tiara Pandini
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:03
Last Modified: 17 Jul 2023 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70251

Actions (login required)

View Item View Item