Layanan bimbingan dan konseling untuk menangani kenakalan pelajar asrama : Penelitian deskriptif di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan Sabah Malaysia

Abdullah, Khairul Anwar Bin (2023) Layanan bimbingan dan konseling untuk menangani kenakalan pelajar asrama : Penelitian deskriptif di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan Sabah Malaysia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kenakalan pelajar merupakan salah satu daripada banyak masalah global yang semakin berleluasa dewasa ini. Masalah ini sering dikaitkan dengan tingkah laku yang menyimpang malah melanggar undang-undang atau tindak kriminal. Kenakalan pelajar juga merangkumi semua tingkah laku yang menyimpang dari norma undang-undang kriminal yang kebanyakannya dilakukan oleh pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenakalan pelajar di Sekolah Menengan Agama Negeri Tambunan, lalu untuk mengetahui penyebab timbulnya kenakalan pelajar di Sekolah Menengan Agama Negeri Tambunan, dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menangani kenakalan pelajar asrama di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan. Penelitian ini didasari oleh teori menurut Darajat (2000) menyatakan bahwa upaya kenakalan pelajar menjadi tanggungjawab bersama baik, sekolah, keluarga,maupun masyarakat agar menciptakan ketenangan batin generasi muda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dengan menggunanakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang bermasalah, objek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi 5 siswa. Data tersebut kemudian dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan. Bentuk kenakalan yang terjadi pada pelajar di asrama di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan adalah 1) Pelajar membolos dari sekolah, 2) Pelajar merokok, 3) Perkehalian, 4) Pergaulan bebas. Faktor penyebab timbulnya kenakalan pelajar asrama di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan adalah 1) Faktor identitas, 2) Kontrol diri, 3) Jenis kelamin, 4) Usia, 5) Lingkungan keluarga, 6) Pengaruh teman sebaya, 7) Status sosio-ekonomi. Usaha guru bimbingan dan konseling untuk menangani kenakalan pelajar asrama di Sekolah Menengah Agama Negeri Tambunan adalah di Sekolah Menengah Agama Negeri Sabah Malaysia adalah 1) Melakukan bimbingan pribadi, 2) Bimbingan sosial, 3) Dengan cara nasehat, 4) Hukuman, 5) Melakukan kerja sama dengan orang tua siswa, 6) Musyawarah sesama guru pembimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling; Kenakalan Pelajar; Layanan Bimbingan Konseling
Subjects: Criminology > Prevention of Crime and Delinquency
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Khairul Anwar Bin Abdullah
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:49
Last Modified: 07 Jul 2023 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70332

Actions (login required)

View Item View Item