Dampak kepemimpinan, supervisi klinis dan komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru madrasah aliyah di Kabupaten Garut

Suherman, Usep (2023) Dampak kepemimpinan, supervisi klinis dan komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru madrasah aliyah di Kabupaten Garut. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Other

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja merupakan kondisi yang tidak tetap yang dapat diperkuat atau diperlemah oleh pasang surutnya cara pandang dan pengaruh nilai-nilai yang dianut seseorang. Kinerja guru di madrasah aliyah, secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan persepsinya terhadap kepemimpinan kepala madrasah. Kepala madrasah memiliki peranan stategis dalam mencapai tujuan institusional. Selain itu secara organisasi kepala madrasah bertanggung jawab menciptakan iklim organisasi yang menunjang kinerja para guru dilingkungannya. Penciptaan iklim organisasi tersebut dapat menumbuhkan motivasi kerja guru dan loyalitas, meskipun mereka punya konsep diri yang beragam. Tinggi rendahnya kinerja dipengaruhi oleh berbagai variabel internal dan eksternal seperti kepemimpinan kepala madrasah, supervisi klinis, komunikasi interpersonal, pada motivasi dan kinerja para guru di madrasah aliayah, hal inilah yang menjadi alasan mengapa peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan untuk mengidentifikasi dampak kepemimpinan kepala madrasah,supervisi klinis dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja dan kinerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Garut. Landasan teori penelitian ini terdiri grand theory Maier; kinerja (Performance) merupakan hasil perkalian antara motivasi (Motivation) dengan kemampuan dasar (Ability), middle theory Maslow adalah teori kebutuhan bertingkat, sehingga dikenal dengan teori hirarki kebutuhan. Menurut teori ini, kebutuhan manusia terdiri dari: (Kebutuhan fisiologis,Kebutuhan akan rasa aman,kebutuhan akan cinta dan rasa memiliki, kebutuhan akan harga diri, kebutuhan akan aktualisasi). Kemampuan dasar (Abilty) dalam meningkatkan kinerja kepala madrasah adalah kepemimpinan kepala madrasah, supervisi klinis, dan komunikasi interpersonal kepala madrasah sebagai applied theory. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan kuantitatif. Dengan menggunakan tehnik simple rundom sampling dengan jumlah guru sebagai sample adalah sebanyak 182 guru. Dimana dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah, supervisi klinis dan komunikasi interpersonal mempunyai dampak terhadap motivasi kerja dengan hasil hasil uji 9,677 > 2,420 atau (Fhitung > Ftabel ) dan nilai signifikansi < α atau (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan Kepemimpinan kepala madrasah, supervisi klinis dan komunikasi interpersonal mempunyai dampak secara terhadap kinerja guru dengan hasil hasil uji 70,535 > 2,420 atau (Fhitung > Ftabel ) dan nilai signifikansi < α atau (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini kepemimpinan kepala madrasah, supervisi klinis dan komunikasi interpersonal dilaksanakan dengan baik berdampak meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Supervisi klinis; komunikasi interpersonal; motivasi kerja; dan kinerja guru.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Usep Suherman
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:13
Last Modified: 11 Jul 2023 06:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70432

Actions (login required)

View Item View Item