Fauziah, Yulita Anggitya (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas X di MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum maksimal padahal saat proses pembelajaran berlangsung, guru berusaha secara maksimal dalam penyampaian materi pembelajaran. Namun pada kenyataannya hasil belajar siswa masih belum maksimal. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba menerapkan metode kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran SKI di kelas X MAN 2 Kota Bandung dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw; (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas X MAN 2 Kota Bandung dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw; (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas X MAN 2 Kota Bandung dengan menggunakan metode ceramah; (4) pengaruh penerapan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas X MAN 2 Kota Bandung. Pemikiran di dalam penelitian ini berdasar kepada pemahaman siswa yang bisa dipengaruhi oleh berbagai macam metode yang digunakan, yang salah satunya adalah metode kooperatif tipe jigsaw, oleh karena itu, hipotesis di dalam penelitian ini adalah semakin baik penerapan metode kooperatif tipe jigsaw, diduga semakin baik pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group, yang mana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan keseluruhan jumlah sampel 72, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan juga dokumentasi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran pada mata pelajaran SKI di kelas X dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapannya, (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh perubahan yang signifikan, dengan rata-rata nilai pretest 65,42 dan rata-rata nilai posttest 85,69, (3) hasil belajar siswa pada kelas kontrol terdapat perubahan, namun kurang maksimal, dengan rata-rata nilai pretest 60,42 dan rata-rata nilai posttest 80,97, (4) pengaruh penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dapat dilihat melalui uji t, bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yakni 2.129 > 1.997 artinya terdapat perbedaan yang signifikan dan dari hasil analisis data melalui n-gain, metode kooperatif tipe jigsaw mendapatkan nilai 56,89% artinya penerapan metode kooperatif tipe jigsaw cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yulita Anggitya Fauziah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70510 |
Actions (login required)
View Item |