Penulisan features di media daring Radar Madura: Subjektivitas penulis feature human interest di Radarmadura.Id edisi Januari 2022

Muzammil, Ach. (2022) Penulisan features di media daring Radar Madura: Subjektivitas penulis feature human interest di Radarmadura.Id edisi Januari 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Media online hadir dengan berbagi kemudahan yang ditawarkan kepada para pembacanya. Cukup dengan menggunakan laptop atau PC dan smartphone yang sudah terhubung dengan internet, pembaca sudah dapat mengetahui informasi tentang apa saja yang sedang terjadi dimana pun. Kehadiran media online semakin eksis berkat kehadiran internet dan teknologi gawai yang semakin canggih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan dalam penulisan feature pada media daring Radarmadura.id, kategori feature yang terdapat pada media daring Radarmadura.id, fungsi feature di media Radarmadura.id, dan isu lokal yang menarik di feature media Radarmadura.id. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang mana penulis mengumpulkan data melalui teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan jurnalisme media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa feature yang ada di Radarmadura.id 50% membahas humans interest dimana ada 11 dari 22 feature pada edisi Januari 2022. Kemudian gaya bahasa yang digunakan dalam penulisan feature, kategori feature, fungsi feature pada media daring Radarmadura.id. Radar Madura menggunakan banyak gaya bahasa. Salah satunya human interest, untuk mendukung tulisan feature dalam menggambarkan sosok yang diangkat. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri untuk Radarmadura.id dalam menggambarkan sosok yang diangkat. Penelitian ini mengacu pada tingginya minat baca masyarakat Madura di era pandemi Covid-19 yang mendorong masyarakat melakukan kegiatan di rumah salah satunya untuk mendapatkan informasi. Dapat disimpulkan mengapa penulis memilih feature untuk dibahas, karena menurut analisa penulis dan salah satu wartawan Radarmadura.id sendiri, karena berita feature memiliki peminat yang cukup tinggi karena unsur gaya bahasa beritanya yang bersifat santai dan mudah dipahami semua kalangan masyarakat. Terlebih lagi mengangkat human interest lokal Madura akan mendatangkan pembaca dari peminat sosok di feature yang diterbitkan. Artinya, bahwa Radarmadura.id selektif dalam memuat berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Feature; Media Daring; Human Interest
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ach. Muzammil
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:45
Last Modified: 17 Jul 2023 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70511

Actions (login required)

View Item View Item