Pengaruh Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian Provider operator Smartfren : Studi pada pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Ramdhani, Agung (2023) Pengaruh Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian Provider operator Smartfren : Studi pada pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya peningkatan persaingan yang sengit antar perusahaan penyedia layanan operator seluler akibat tingginya pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia. Sehingga dalam bersaing Smartfren harus berupaya untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan. Salah satu cara untuk unggul dalam persaingan ini adalah dengan menggunakan komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Smartfren yaitu Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan serta popularitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa Social Media Marketing Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,642 > 1,985 dan nilai signifikansi lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,306 > 1,985 dan nilai signifikansi lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terbukti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai f_hitung > f_tabel yaitu 30,273 > 3,09 dan nilai signifikansinya lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Nilai dari R Square sebesar 0,372. Hal ini berarti kemampuan variabel bebas dalam memengaruhi variabel terikat adalah sebesar 37,2%, dan sisanya 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: social media marketing Instagram ; electronic word of mouth ; keputusan pembelian
Subjects: General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Decision Making Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Agung Ramdhani
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:24
Last Modified: 14 Jul 2023 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70594

Actions (login required)

View Item View Item