Ramdhani, Agung (2023) Pengaruh Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian Provider operator Smartfren : Studi pada pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari adanya peningkatan persaingan yang sengit antar perusahaan penyedia layanan operator seluler akibat tingginya pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia. Sehingga dalam bersaing Smartfren harus berupaya untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan. Salah satu cara untuk unggul dalam persaingan ini adalah dengan menggunakan komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Smartfren yaitu Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan serta popularitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna provider Smartfren di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa Social Media Marketing Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,642 > 1,985 dan nilai signifikansi lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,306 > 1,985 dan nilai signifikansi lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word of Mouth terbukti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai f_hitung > f_tabel yaitu 30,273 > 3,09 dan nilai signifikansinya lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Nilai dari R Square sebesar 0,372. Hal ini berarti kemampuan variabel bebas dalam memengaruhi variabel terikat adalah sebesar 37,2%, dan sisanya 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | social media marketing Instagram ; electronic word of mouth ; keputusan pembelian |
Subjects: | General Management > Philosophy and Theory of Management General Management > Planning and Strategic Management General Management > Decision Making Management General Management > Marketing, Management of Distribution General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Agung Ramdhani |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70594 |
Actions (login required)
View Item |