Pengaruh layanan konseling individu dengan teknik Self-Management terhadap kejenuhan belajar pada peserta didik pengguna media sosial : Penelitian di MTS Al-Misbah Cipadung kota Bandung

Safitri, Dessi Aulia (2023) Pengaruh layanan konseling individu dengan teknik Self-Management terhadap kejenuhan belajar pada peserta didik pengguna media sosial : Penelitian di MTS Al-Misbah Cipadung kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caverskripsi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Kejenuhan belajar peserta didik pengguna media sosial MTS Al-Misbah Cipadung dengan sampel kelas VII & VII tentunya terpengaruh oleh berbagai hal, misalnya faktor dirinya sendiri, faktor keluarga, faktor lingkungan rumah, & faktor lingkungan di sekolah. Adapun kejenuhan belajar di MTS Al-Misbah yang sering terjadi yaitu kurangnya disiplin dalam belajar dan seringnya asik bermain sosial media tidak adanya pengawasan dari orangtua. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling individu dengan teknik self-management terhadap kejenuhan belajar peserta didik pengguna media sosial di MTS Al-Misbah Cipadung, Bandung. Dalam penelitian ini proses layanan konseling individu dengan teknik self-management dengan teori memotivasi belajar peserta didik yang merupakan suatu proses konselor dalam membantu memecahkan permasalahan rasa jenuh belajar, emosi, ketidak bisanya mengatur suatu waktu untuk belajar keputusan tertentu juan dengan tujuan ingin mengubah perilaku siswa yang sering bermain hp dan melalaikan tugas dan merasa tidak nyaman belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan skala. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 30 responden yaitu peserta didik MTS Al-Misbah Cipadung, kota Bandung yang merasa jenuh dalam proses belajar karena selalu menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikansi konseling individu terhadap kejenuhan belajar peserta didik pengguna media sosial melalui uji regresi sederhana dengan output nilai korelasi (R) sebesar 0,383 dari output tersebut juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,147. Yang berarti dari output uji regresi sederhana ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara variabel konseling individu terhadap variabel kejenuhan belajar peserta didik pengguna media sosial sebesar -38.5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Self-Management; Kejenuhan Belajar Pe ngguna Media Sosial;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dessi Aulia Safitri
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:28
Last Modified: 30 Jan 2024 02:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70772

Actions (login required)

View Item View Item