Pengaruh Job Description dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan : Studi pada karyawan Koperasi Serba Usaha Tandangsari Sumedang

Adillah, Irawati (2023) Pengaruh Job Description dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan : Studi pada karyawan Koperasi Serba Usaha Tandangsari Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi kinerja karyawan merupakan faktor penentu berhasilnya sebuah pelayanan yang baik. Dalam membangun kinerja karyawan diperlukan adanya pemahaman job description dan lingkungan kerja yang nyaman. Jika karyawan paham akan job description yang didapatkannya, maka karyawan akan mudah menyelesaikan tugasnya, begitupun dengan kondisi lingkungan kerja yang baik akan memberikan motivasi kerja bagi karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Koperasi Serba Usaha Tandangsari perlu meningkatkan kinerja karyawan dalam pembagian, pemahaman job description dan memberikan kenyamanan lingkungan kerja agar menghasilkan kinerja karyawan yang memiliki kualitas dan kuantitas yang baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa karyawan, didapatkan beberapa permasalahan yaitu kurang pahamnya job description yang didapatkan karyawan, pembagian tugas pada karyawan banyak yang tumpang tindih, rekan kerja yang kurang nyaman, dan lingkungan di tempat kerja kurang nyaman. Permasalahan tersebut diduga akan memicu kurang produktifnya kinerja karyawan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan secara parsial maupun simultan dari job description dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Serba Usaha Tandangsari Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran kuesioner kepada karyawan Koperasi Serba Usaha Tandangsari Sumedang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Koperasi Serba Usaha Tandangsari Sumedang yang menggunakan teknik probability sampling dengan teknik sampling jenuh, artinya seluruh populasi menjadi sampel yaitu sebanyak 50 karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Job Description berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan signifikansi 0,027 < 0,050 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 2.280 > ttabel 1.677. secara parsial Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,050 dan nilai nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 2.050 > ttabel 1.677. Serta secara simultan Job Description dan Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan tingkat determinasi 47,6% dan nilai fhitung lebih besar dari ftabel yaitu 21.386 > ftabel 3.20 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,050.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Job Description; Lingkungan Kerja; Kinerja Karyawan
Subjects: General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Irawati Adillah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:34
Last Modified: 14 Jul 2023 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71039

Actions (login required)

View Item View Item