Pembingkaian berita pengeroyokan Ade Armando di media Online : Analisis Framing Robert N.Entman pada pemberitaan aksi mahasiswa di media Online Suara.com edisi April 2022

Ningsih, Nining Surya (2023) Pembingkaian berita pengeroyokan Ade Armando di media Online : Analisis Framing Robert N.Entman pada pemberitaan aksi mahasiswa di media Online Suara.com edisi April 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Pembingkaian pada sebuah berita merupakan proses penting dalam dunia jurnalistik, dengan adanya seleksi isu dan menonjolkan aspek-aspek tertentu, dari suatu peristiwa dan dikonstruksikan oleh wartawan dalam pemberitaan nya, dapat mempengaruhi cara pandang khalayak dalam memahami peristiwa tersebut. Dalam prakteknya, media memiliki kebebasan untuk mengkonstruksi sebuah realitas kepada khalayak, baik itu media cetak, media televisi, maupun media online. Berdasarkan konteks tersebut, penelitian ini berfokus pada pembingkaian berita mengenai pengeroyokan terhadap Ade Armando di media online, khususnya pada pemberitaan aksi mahasiswa di media online suara.com pada edisi April 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang digunakan oleh media suara.com, dalam mengkonstruksi sebuah realitas pada peristiwa pengeroyokan yang terjadi pada Ade Armando saat demonstrasi mahasiswa 11 April 2022 silam, dengan menggunakan empat elemen framing model Robert N.Entman. Penelitian ini dilandaskan pada teori analisis framing model Robert N.Entman. Framing menurut Entman merupakan sebuah pendekatan, terkait cara pandang yang digunakan wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis sebuah berita. Framing Robert N.Entman terbagi menjadi empat elemen yaitu define problem (pendefinisian masalah), diagnose causes (sumber masalah), make moral judgement (nilai moral yang diberikan dalam berita), treatment recommendation (penyelesaian masalah). Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Media online suara.com mempunyai ideologinya sendiri dalam membingkai sebuah peristiwa mengenai pengeroyokan pada Ade Armando. Media suara.com cenderung lebih berpihak dan membela Ade Armando didalam pemberitaannya. Dengan banyak memuat berita yang spekulasi, yaitu fokus dalam mengambil simpati dan empati para pembaca atas peristiwa yang menimpa Ade Armando. Media suara.com menggiring opini agar para pembaca dapat merasakan hal yang sama, sehingga menimbulkan rasa simpati terhadap Ade Armando. Selain itu berita yang dimuat oleh media suara.com cenderung banyak memiliki kesamaan isi pemberitaannya, namun dengan judul yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian; Ade Armando; Robert N.Entman; Suara.com
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nining Surya Ningsih
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:18
Last Modified: 14 Jul 2023 08:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71121

Actions (login required)

View Item View Item