Urgensi media dalam meningkatkan empati : Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada program Acara Hikmah di Trans7 periode tayangan oktober – desember 2022

Rahmawaty, Putri Sry (2023) Urgensi media dalam meningkatkan empati : Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada program Acara Hikmah di Trans7 periode tayangan oktober – desember 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Urgensi media dalam sajiannya tidak terlepas dari peran dan fungsinya, media dalam menayangkan program acara harus mampu memberikan tayangan yang tak hanya sebagai tontonan namun harus memberikan tuntunan yang berimpact bagi penonton. Selain impact yang bersifat edukasi dan pesan mendidik, media pun berperan untuk memberikan impact empati melalui tayangan-tayangan human interest dengan beragam program, salah satu diantaranya adalah magazine Hikmah di Trans7. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sign, object, dan interpretant dalam tayangan Hikmah Trans7 periode Oktober-Desember 2022 dalam memberikan dampak empati. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce, dengan pendekatan kualitatif. Metode ini menggambarkan bagaimana tanda dalam sebuah adegan film yang memberikan tanda yang bermakna empati, dengan diklasifikasikan menggunakan teori triangle meaning atau segitiga makna dari Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menyimpulkan pada tayangan Hikmah Trans 7 periode tayangan Oktober – Desember 2022 yang dilakukan pada sampel tayangan di tiga episode, ditemukan lima belas tanda terdiri atas dua qualisign, tiga sinsign, dan satu legisign. Selanjutnya pada dimensi objek ditemukan satu ikon, dua indeks, dan tiga symbol, terakhir interpretant ditemukan satu argument dan empat dicent sign yang secara keseluruhan dari tanda yang ditampilkan melalui tayangan Hikmah Trans7 mampu meningkatkan empati penonton melalui empat komponen empati yaitu kognitif, afektif, multidimensional dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media; Empati; Semiotika
Subjects: Comparative Psychology > Comparative Psychology of Sensory Perception, Movement, Emotions, Psychological Drives of Animals
Applied Psychology > Interpersonal Relations
Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Putri Sry Rahmawaty
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:14
Last Modified: 18 Jul 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71251

Actions (login required)

View Item View Item