Program pelatihan “Bincang Karya” kinerja karyawan dalam mewujudkan pengembangan potensi sumber daya manusia : Studi penelitian deskriptif di CV. Karyain Digital Kreatif, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung

Widiawati, Almira Jannah (2023) Program pelatihan “Bincang Karya” kinerja karyawan dalam mewujudkan pengembangan potensi sumber daya manusia : Studi penelitian deskriptif di CV. Karyain Digital Kreatif, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia di Indonesia diperkirakan akan melimpah pada tahun 2045 akibat bonus demografi, sehingga pengembangan kemampuan perlu dilakukan. Merespons hal tersebut, CV. Karyain Digital Kreatif mencoba untuk menghadirkan program pelatihan dalam perusahaan untuk mendidik, melatih, dan mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian karyawan dalam hubungannya dengan mempersiapkan karyawan yang memiliki keterampilan jangka panjang di masa depan yang diberi nama Bincang Karya. Penelitian ini berfokus untuk menjelaskan perencanaan dan pengorganisasian, mendeksripsikan proses pelaksanaan, dan meneliti hasil atau keberhasilan program pelatihan Bincang Karya dalam rangka mengembangkan potensi sumber daya manusia melalui kinerja karyawan di perusahaan rintisan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Teori Belajar Sosial yang dikemukakan oleh Albert Bandura. Teori ini berfokus pada bagaimana penilaian seseorang terhadap kemampuan yang dimiliki dalam mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk mencapai standar kinerja yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci. Dengan menggunakan metode ini, maka peneliti akan mendapatkan data yang dapat menjelaskan sebuah fenomena secara mendalam dan akan berkembang searah dengan proses penelitian yang dilakukan. Sehingga nantinya peneliti akan memahami, mencari makna dibalik data untuk menemukan kebenaran. Hasil yang diperoleh dari program pelatihan Bincang Karya adalah peningkatan kinerja karyawan perusahaan dibuktikan dengan umpan balik yang baik dan pencapaian terbaik dari para karyawan, ditandai dengan adanya perubahan sebelum dan sesudah mengikuti program pelatihan. Terdapat peningkatan dalam hal pengetahuan dan keterampilan, hingga dapat membangun perusahaan sendiri. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengembangan potensi sumber daya manusia dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang nantinya memberikan dampak baik dan jangka panjang, yaitu dapat mengantarkan sumber daya manusia di Indonesia menjadi lebih sejahtera dan berdaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program Pelatihan; Kinerja Karyawan; Teori Belajar Sosial; Sumber Daya Manusia.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Almira Jannah Widiawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:48
Last Modified: 20 Jul 2023 01:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71445

Actions (login required)

View Item View Item