Implementasi program CSR PT. Yutaka Manufacturing Indonesia dan kaitannya dengan perubahan sosial masyarakat : Penelitian di RW. 05, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat

Agustina, Eka Chandra (2023) Implementasi program CSR PT. Yutaka Manufacturing Indonesia dan kaitannya dengan perubahan sosial masyarakat : Penelitian di RW. 05, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan sosial merupakan transformasi yang ada dalam kehidupan manusia, dimana transformasi tersebut disebabkan dari dalam ataupun luar yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam kehidupan masyarakat. Sebelum adanya CSR, kehidupan masyarakat RW. 05 mayoritas berada di kelas prasejahtera dengan jenis pekerjaan nya berupa buruh pabrik dan ibu rumah tangga. Kurangnya kesejahteraan yang dimiliki oleh masyarakat membuat banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh masyarakat, diantaranya pencurian kendaraan bermotor dan maling uang dalam kotak amal masjid. Selain itu lingkungan wilayah yang gersang dan kumuh membuat lingkungan RW. 05 semakin buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial masyarakat akibat hadirnya program CSR tersebut. Dimana dengan adanya program program CSR seperti penanganan kelestarian lingkungan, pembinaan remaja, dan lansia, pendidikan merubah perilaku, dan ekonomi masyarakat. Landasan teori yang di jelaskan dalam penelitian ini yaitu menjelaskan mengenai konsep CSR dan macam macam perubahan sosial. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori perubahan sosial Veblen untuk menjelaskan mengenai keterkaitan perubahan sosial dengan perubahan lingkungan. Dimana dalam teorinya Veblen menjelaskan bahwa lingkungan dapat menjadi penyebab terjadinya perubahan sosial. Dalam hal ini dengan hadirnya program CSR dapat merubah keadaan lingkungan dan menyebabkan perubahan kondisi sosial masyarakat. Sedangkan metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dikumpulkan, data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk narasi untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan perubahan sosial di wilayah RW. 05 disebabkan akibat program CSR. Dengan adanya program CSR membuat terpenuhinya kebutuhan masyarakat dan muncullah sentra sentra UMKM dan timbullah kesejahteraan masyarakat. Dari sisi sosial membuat lingkungan menjadi asri dan hijau. Dari aspek perilaku membuat masyarakat semakin partisipatif dan inovatif dalam pelaksanaan program, dan pada pola pikir membuat masyarakat semakin sadar dan paham tentang keikutsertaanya dalam berbagai program dan penanganan kelestarian lingkungan. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program CSR membuat terjadinya perubahan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program; Pelaksanaan CSR; Perubahan Sosial; Partisipatif
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Eka Chandra Agustina
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:28
Last Modified: 20 Jul 2023 00:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71474

Actions (login required)

View Item View Item