Implementasi pasal 3 kode etik Jurnalistik pada berita tragedi Kanjuruhan di media online : Studi kasus terhadap tim redaksi AyoMalang.com

Anggraeni, Dilla (2023) Implementasi pasal 3 kode etik Jurnalistik pada berita tragedi Kanjuruhan di media online : Studi kasus terhadap tim redaksi AyoMalang.com. Sarjana thesis, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Tragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya pada 1 Oktober 2022 di Stadio Kanjuruhan, Malang merupakan insiden besar bagi dunia sepak bola tanah air. Di tengah huru-hara topik kemanusiaan ini, masyarakat Indonesia menaruh harapan besar terhadap peran pers yang berpedoman pada kode etik profesinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik pada berita Tragedi Kanjuruhan yang telah dimuat pada media online AyoMalang.com periode 1-31 Oktober 2022, serta menilik kebijakan redaksi yang berlaku untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh pada isi pemberitaan. Teori hirarki pengaruh milik Shoemaker dan Reese digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh pada kebijakan redaksi, mulai dari level individual, level rutinitas media, level organisasi, level extramedia, dan level ideologi. Pembagian faktor ke dalam lima level tersebut bersangkutan dengan hasil akhir berita yang diproduksi sebuah media. Penggunaan metode studi kasus dilakukan melalui tiga tahap yakni observasi pasif terhadap cara kerja AyoMalang.com, wawancara mendalam terhadap tim redaksi sebagai pihak utama yang bersangkutan langsung dengan produksi berita, dan studi dokumen terhadap berita Tragedi Kanjuruhan yang telah dipublikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online AyoMalang.com belum sepenuhnya menerapkan Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik khususnya pada poin pemberitaan berimbang dan pengujian informasi. Hal tersebut terlihat dari pemberitaan yang dipecah sehingga membuat beberapa berita bersifat tendensius dan ditemukan adanya informasi keliru pada salah satu berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Jurnalistik; Pasal 3; Berita Tragedi Kanjuruhan; AyoMalang.com
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dilla Anggraeni
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:19
Last Modified: 20 Jul 2023 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71619

Actions (login required)

View Item View Item