Tanggapan pewarta foto Ayobandung.com mengenai eksistensi foto jurnalistik di media online : Studi fenomenalogi pewarta foto jurnalistik ayobandung.com

Maudina, Intan Lucy (2023) Tanggapan pewarta foto Ayobandung.com mengenai eksistensi foto jurnalistik di media online : Studi fenomenalogi pewarta foto jurnalistik ayobandung.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi foto jurnalistik di media online berguna untuk menvisualisasikan pemberitaan melalui gambar seperti halnya yang di lakukan oleh media Ayobandung.com. Media online Ayobandung.com memiliki rubric khusus untuk penyebaran berita foto jurnalistik, Akan tetapi seiring perkembangan teknologi media informasi berita bukan hanya melalui media online saja, akan tetapi juga bisa melalui media baru seperti media sosial Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan mengenai pemahaman, pandangan dan pengalaman pewarta foto jurnalistik megenai eksistensi berita dalam media online Ayobandung.com khususnya dalam pemberitaan foto jurnalistik, di era digital sekarang seperti new media (media sosial). Dalam penelitian ini berpedoman kepada teori fenomenologi Admund Husserl, mengenai epoche (pandangan), intersubjektivitas trasedental (pemahaman), dan intersionalitas (pengalaman). Dengan pendekatan kualitatif, metode deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Menggunakan teknik wawancara, yakni mewawancarai pewarta foto jurnalistik Ayobandung.com. Sehingga mendapatkan tiga aspek hasil peneilitian yakni dari aspek pemahaman (intersubjektivitas trasendental) menurut pemahaman pewarta foto media online Ayobandung.com foto measih menjadi aspek penting dalam menvisualisasikan suatu pemberitaan pada era sekarang, dan jenis foto yang menarik untuk mempertahankan eksistensi foto jurnalistik di media online yakni spot foto, general foto dan foto lokal, sementara jika di lihat dari pandangan (epoche), menyebutkan bahwa menurut pandangannya dengan adanya new media seperti media sosial bukan sebagai penghalang untuk eksistensi foto jurnalistik di media online, dengan adanya media baru justru memaksa pewarata foto atau media untuk tetap terus beradaptasi, jika dilihat dari pengalaman (intensionalitas), dalam mempertahankan eksistensi foto jurnalistik di media online, harus dengan cara meningkatkan kualitas foto dan kualitas isu yang diambil, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan-perkembangan teknologi yang terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Foto Jurnalistik; Media online; eksistensi foto jurnalistik; Ayobandung.com
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Photography and Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Intan Lucy Maudina
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:17
Last Modified: 20 Jul 2023 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71621

Actions (login required)

View Item View Item