Yolanda, Ega (2023) Kampanye Public Relations dalam sosialisasi aplikasi "SUPER SUKABUMI". Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB l.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB ll.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB lll.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB lV.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang komunikasi dan informatika serta pelaksanaannya membantu kepada daerah sesuai dengan tugas dan fungsi yaitu melakukan koordinasi pembinaan Operasinal Perangkat Daerah (OPD). Diskominfo sebagai penyelenggara kegiatan kampanye public relations mengenai Aplikasi Super yang mempunyai tujuan memberikan sosialisasi, pengenalan, edukasi sekaligus mempengaruhi minat masyarakat Kota Sukabumi dalam menggunakan Aplikasi Super. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pihak Diskominfo Kota Sukabumi melakukan kegiatan kampanye public relations melalui proses identifikasi masalah, pengelolaan yang didalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan model Kampanye Leon Ostergaard dengan menggunakan paradigma kontruktivisme. Adapun metode yang digunakan deksriptif kualitatif untuk mendeskipsikan proses kegiatan kampanye public relations Aplikasi Super dengan melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa Diskominfo Kota Sukabumi dalam melakukan kegiatan kampanye public relations tentang Aplikasi Super melalui tiga proses atau tahapan. 1) tahap identifikasi masalah yaitu melihat hasil dari banyakya pengaduan masyarakat di media sosial mengenai fasilitas umum, dan merealisasikan inovasi Aplikasi Super sebagai program kerja Wali Kota Sukabumi 2018-2023. 2) tahap pengelolaan kegiatan kampanye dengan dikategorisasikan menjadi dua proses yaitu perencanaan dengan menentukan tujuan kampanye agar masyarakat mengenal dan menerapkan Aplikasi Super, menetapkan masyarakat Kota Sukabumi sebagai sasaran publik, seluruh staf Diskominfo yang menjadi pelaku dalam pelaksanaan sosialiasi, serta seluruh saluran media diantaranya media sosial, massa dan online yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan kegiatan kampanye. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan kampanye yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung. 3) tahap evaluasi yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Sukabumi melalui kegiatan monitoring internal kepada seluruh staf, pemantauan seluruh media sosial dan melihat jumlah serta kualitas aduan meningkat dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampanye public relations; sosialisasi; Aplikasi |
Subjects: | Political Process > Programs and Ideologies of Parties Political Process > Campaigns for Nominations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Ega Yolanda |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 00:47 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 00:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71746 |
Actions (login required)
View Item |