Pengelolaan Instagram sebagai media informasi program Patriot Desa Jawa Barat : Studi deskriptif pada Instagram @patriotdesa_official milik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat

Novaridha, Alisha (2023) Pengelolaan Instagram sebagai media informasi program Patriot Desa Jawa Barat : Studi deskriptif pada Instagram @patriotdesa_official milik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Patriot Desa merupakan salah satu program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Patriot Desa adalah kegiatan pemberdayaan pemuda Jawa Barat sebagai calon penggerak desa dalam pembangunan melalui kemampuan, pengorganisasian, pengarahan, dan fasilitasi kepala desa untuk bisa mencapai pengembangan ekonomi, meningkatkan kualitas kelembagaan penduduk yang ada, kehidupan sosial, budaya, dan peningkatan kontribusi serta tenaga penduduk setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan pengelolaan Instagram @patriotdesa_official yang dikelola oleh Pengelola Publikasi dan Kemitraan SSPMD Provinsi, mulai dari tahapan share, tahapan optimize, tahapan manage, dan tahapan engage. Konsep dalam penelitian ini menggunakan The Circular Model of Some sebagai landasan dalam melakukan penelitian karena sesuai dengan pengelolaan Instagram @patriotdesa_official yang dijalankan oleh Pengelola Publikasi dan Kemitraan SSPMD Provinsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data-data penelitian dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa proses pengelolaan instagram @patriotdesa_official yang dijalankan oleh Pengelola Publikasi dan Kemitraan SSPMD Provinsi dilakukan melalui empat tahapan. (1) share yang meliputi latar belakang penggunaan instagram sebagai media informasi dan proses publikasi konten yang berisi informasi mengenai program Patriot Desa. (2) optimize melalui pembuatan content plan, diskusi tim SSPMD serta membuat tampilan menarik pada Instagram. (3) manage melalui kegiatan media monitoring dan evaluasi rutin bulanan. (4) engage untuk mengukur ketercapaian konten melalui fitur Instagram. Berdasarkan pada hasil penelitian bahwa Pengelola Publikasi dan Kemitraan SSPMD Provinsi menjalankan bentuk kegiatan humas melalui pengelolaan Instagram @patriotdesa_official sebagai media informasi Program Patriot Desa Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Instagram; Patriot Desa; Media Informasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Political Process > Programs and Ideologies of Parties
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Alisha Novaridha
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:53
Last Modified: 21 Jul 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71760

Actions (login required)

View Item View Item