Penerapan Flipped Classroom berbantuan aplikasi Discord untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi koloid : Penelitian di MA Sirnamiskin

Yazid, Nanda Luthfi (2023) Penerapan Flipped Classroom berbantuan aplikasi Discord untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi koloid : Penelitian di MA Sirnamiskin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kinerja siswa dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada penerapan flipped classroom berbantuan aplikasi discord pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan tipe one-group pretest postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa dan soal tes sebagai instrumen pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88,86% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rerata kinerja siswa pada setiap tahapan pembelajaran flipped classroom adalah 82,14 dengan terinterpretasi sangat baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkannya flipped classroom berbantuan aplikasi discord mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,51 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Peningkatan tiap ranah kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis (C4) sebesar 0,73 dengan interpretasi tinggi, mengevaluasi (C5) sebesar 0,36 dengan interpretasi sedang dan mencipta (C6) sebesar 0,47 dengan interpretasi sedang. Pada kelompok prestasi rendah, sedang dan tinggi memperoleh nilai ¬N-Gain berturut-turut sebesar 0,5 ; 0,49 ; dan 0,56 yang secara keseluruhan terinterpretasi sedang. Dapat dinyatakan bahwa penerapan flipped classroom berbantuan aplikasi discord pada materi koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: discord; flipped classroom; kemampuan berpikir tingkat tinggi; koloid
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Education, Research
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nanda Luthfi Yazid
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:20
Last Modified: 21 Jul 2023 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71779

Actions (login required)

View Item View Item