Yazid, Nanda Luthfi (2023) Penerapan Flipped Classroom berbantuan aplikasi Discord untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi koloid : Penelitian di MA Sirnamiskin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kinerja siswa dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada penerapan flipped classroom berbantuan aplikasi discord pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan tipe one-group pretest postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa dan soal tes sebagai instrumen pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88,86% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rerata kinerja siswa pada setiap tahapan pembelajaran flipped classroom adalah 82,14 dengan terinterpretasi sangat baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkannya flipped classroom berbantuan aplikasi discord mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,51 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Peningkatan tiap ranah kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis (C4) sebesar 0,73 dengan interpretasi tinggi, mengevaluasi (C5) sebesar 0,36 dengan interpretasi sedang dan mencipta (C6) sebesar 0,47 dengan interpretasi sedang. Pada kelompok prestasi rendah, sedang dan tinggi memperoleh nilai ¬N-Gain berturut-turut sebesar 0,5 ; 0,49 ; dan 0,56 yang secara keseluruhan terinterpretasi sedang. Dapat dinyatakan bahwa penerapan flipped classroom berbantuan aplikasi discord pada materi koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discord; flipped classroom; kemampuan berpikir tingkat tinggi; koloid |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Education, Research Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nanda Luthfi Yazid |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 01:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71779 |
Actions (login required)
View Item |