Nuraliffah, Lilis (2023) Pengaruh Green Marketing dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Tas Belanja Ramah Lingkungan : Studi pada konsumen Eco Bag di Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Terdapat fenomena lapangan yaitu keputusan dalam memilih eco bag dalam menggunakan tas belanja masih rendah jika dibandingkan dengan penggunaan tas plastik. Padahal eco bag telah diwajibkan oleh pemerintah serta pelaku usaha demi mengurangi penggunaan tas plastik dengan melalui pemasaran hijau (green marketing) ataupun dengan kualitas yang lebih baik (tidak menggandung bahan kimia) untuk dampak pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel green marketing, promosi terhadap keputusan pembelian eco bag tas ramah lingkungan di Bandung Timur. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori dari Manongko (2018) mengenai green marketing, Gitosudarmo (2000) mengenai promosi, serta philip kotler (2008) mengenai keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskritif verifikatif. Menggunakan 50 sampel serta populasi berdasarkan karakteristik penulis yaitu pengguna eco bag di Bandung Timur. Dengan menggunakan taknik probability sampling. Metode yang dipakai adalah dengan Random Sampling dimana teknik ini menentukan sampel berdasarakan acak siapa saja orang yang tidak sengaja bertemu dengan penulis yang dirasa cocok dapat dipakai sebagai sampel.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument data berupa; uji validitas serta reliabilitas. Uji hipotes berupa; uji parsial (t) serta uji simultan (F). Analisis Statistik berupa; uji regresi linear bergada serta koefisien destriminasi (r2) menggunakan SPSS 26. Penelitian ini menunjukan bahwa green marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. green marketing dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Presentase keseluruhan menggunakan uji koefesien destriminasi (r2) yaitu sebesar 0,720 atau 72,0% dimana menujukan hasil koefisien determinasi yang berimbang antar variabel XI dan X2 terhadap variabel Y sebesar 72,0% serta sisanya 28,0% dipengaruhi oleh faktorl lain. Artinya antara variabel pada penelitian ini memiliki tingkat hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Green Marketing; Promosi; Keputusan Pembelian ; |
Subjects: | General Management > Dictionaries and Encyclopedia of Marketing General Management > Statistical Methods of Marketing General Management > Marketing Distribution |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Lilis Nuraliffah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71797 |
Actions (login required)
View Item |