Ainysifa, Devana Sandra (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik Undian Giveaway di Instagram sebagai bentuk promosi : Studi kasus Instagram @ramerame_foodcarnival Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
Abstract
Hadiah merupakan suatu akad pemberian yaitu hak milik seseorang diberikan kepada orang lain di waktu ia masih hidup tanpa mengharapkan suatu imbalan dan balas jasa apapun. Hadiah merupakan salah satu bentuk dari hibah, sehingga memiliki pengertian atau makna yang hampir sama. Giveaway merupakan pemberian hadiah berupa barang ataupun yang lainnya secara gratis dari pihak penyelenggara kepada pengikutnya di media sosial dengan maksud tertentu misalnya untuk tujuan promosi atau meningkatkan jumlah pengikut yang mana para peserta harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyelenggaraan praktik undian berhadiah giveaway sebagai promosi di Instagram @ramerame_foodcarnival meliputi syarat, ketentuan, proses pemilihan pemenangnya serta cara pengambilan hadiahnya. Dan juga mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik undian berhadiah giveaway sebagai bentuk promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif normatif hukum islam dengan pendekatan kualitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan data-data yang telah diuraikan, kesimpulan dari penelitian ini, yakni: praktik Giveaway sebagai bentuk promosi di akun instagram @ramerame_foodcarnival diperbolehkan yaitu dari syarat dan ketentuan untuk mengikuti giveaway. Akad yang digunakan dalam praktik giveaway adalah akad hadiah. Giveaway berdasarkan definisi hibah boleh dilakukan karena ada rasa saling ridha antara kedua belah pihak. Giveaway diperbolehkan karena tidak adanya unsur gharar dan maisir. Dan juga tidak adanya pelanggaran syari’at terutama praktik giveaway yang dilakukan oleh @ramerame_foodcarnival pada akun Instagramnya. Sementara disyaratkan adanya aktivitas dari peserta untuk memberikan tanda suka atau like, share, follow atau menjawab suatu pertanyaan, pada dasarnya diperbolehkan karena tanpa adanya unsur keterpaksaan dan bukan termasuk perjudian, karena tidak adanya unsur taruhan antara untung ataupun rugi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Giveaway; Akad Hadiah; Undian |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Devana Sandra Ainysifa |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71809 |
Actions (login required)
View Item |