Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik Undian Giveaway di Instagram sebagai bentuk promosi : Studi kasus Instagram @ramerame_foodcarnival Tangerang

Ainysifa, Devana Sandra (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik Undian Giveaway di Instagram sebagai bentuk promosi : Studi kasus Instagram @ramerame_foodcarnival Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Hadiah merupakan suatu akad pemberian yaitu hak milik seseorang diberikan kepada orang lain di waktu ia masih hidup tanpa mengharapkan suatu imbalan dan balas jasa apapun. Hadiah merupakan salah satu bentuk dari hibah, sehingga memiliki pengertian atau makna yang hampir sama. Giveaway merupakan pemberian hadiah berupa barang ataupun yang lainnya secara gratis dari pihak penyelenggara kepada pengikutnya di media sosial dengan maksud tertentu misalnya untuk tujuan promosi atau meningkatkan jumlah pengikut yang mana para peserta harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyelenggaraan praktik undian berhadiah giveaway sebagai promosi di Instagram @ramerame_foodcarnival meliputi syarat, ketentuan, proses pemilihan pemenangnya serta cara pengambilan hadiahnya. Dan juga mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik undian berhadiah giveaway sebagai bentuk promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif normatif hukum islam dengan pendekatan kualitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan data-data yang telah diuraikan, kesimpulan dari penelitian ini, yakni: praktik Giveaway sebagai bentuk promosi di akun instagram @ramerame_foodcarnival diperbolehkan yaitu dari syarat dan ketentuan untuk mengikuti giveaway. Akad yang digunakan dalam praktik giveaway adalah akad hadiah. Giveaway berdasarkan definisi hibah boleh dilakukan karena ada rasa saling ridha antara kedua belah pihak. Giveaway diperbolehkan karena tidak adanya unsur gharar dan maisir. Dan juga tidak adanya pelanggaran syari’at terutama praktik giveaway yang dilakukan oleh @ramerame_foodcarnival pada akun Instagramnya. Sementara disyaratkan adanya aktivitas dari peserta untuk memberikan tanda suka atau like, share, follow atau menjawab suatu pertanyaan, pada dasarnya diperbolehkan karena tanpa adanya unsur keterpaksaan dan bukan termasuk perjudian, karena tidak adanya unsur taruhan antara untung ataupun rugi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Giveaway; Akad Hadiah; Undian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Devana Sandra Ainysifa
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:00
Last Modified: 21 Jul 2023 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71809

Actions (login required)

View Item View Item