Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel mediasi : Studi pada perusahaan Wolf Technosite Kota Bandung

Ashiddiq, Muhammad Fahmi (2023) Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel mediasi : Studi pada perusahaan Wolf Technosite Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja karyawan sangat penting bagi perusahaan, karena perusahaan yang memiliki kinerja karyawan yang baik dapat mencapai tujuanya dengan baik, namun banyak kendala untuk mencapainya. Wolf Tecnosite adalah salah satu perusahaan yang mengalami penurunan kinerja karyawan, hal ini dilihat dari penurunan jumlah client yang bekerja sama. Hasil wawancara pada beberapa karyawan menunjukan bahwa karyawan belum merasa puas pada pekerjaanya dan hubungan diantara rekan kerja kurang baik. Hal itu diduga dapat menjadi masalah untuk mencapai kinerja karyawan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB), menganalisis pengaruh organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja karyawan, menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan organizational citizenship behavior (OCB) sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Wolf Technosite yang berjumlah 45 karyawan. Teknik pengambilan sampel jenuh yaitu mengambil seluruh jumlah populasi sebagai sampel. Sumber data diperoleh dari data primer dengan menyebar kuesioner dan data sekunder dengan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan nilai P 0,002<0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,215. Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap Organizational citizenship behavior (OCB) dibuktikan dengan nilai P 0,000<0,05 dan nilai koefisien 0,395. Organizational citizenship behavior (OCB) berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan nilai P 0,003<0,05. Organizational citizenship behavior (OCB) memediasi secara parsial pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan uji causal step dengan pengaruh langsung yaitu kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan yang berpengaruh dan pengaruh tidak langsung yang berpengaruh dengan nilai standaridized beta sebesar 0,251 dan di buktikan melalui uji sobel dengan nilai T-statistik sebesar 3,616 yang mana nilainya lebih besar dari T-tabel dengan tingkat kesalahan 0,05 (kurang dari 5%) yang mana nilai T-tabelnya 1,96 (3,616>1,96) .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja; Kinerja; Organizational Citizenship Behavior
Subjects: General Management > Management for Enterprises
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Fahmi Ashiddiq Cecep
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:53
Last Modified: 25 Jul 2023 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72114

Actions (login required)

View Item View Item