Komunikasi dakwah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bobos Cirebon: Analisis model komunikasi David K. Berlo

Hisaba, Muhammad Husna (2023) Komunikasi dakwah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bobos Cirebon: Analisis model komunikasi David K. Berlo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf - Cover Image

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi dakwah merupakan proses transmisi informasi berupa pesan dakwah dari seorang pelaku dakwah (da'i) kepada objek dakwah (mad'u) untuk mengajak manusia pada kebenaran, pada prosesnya dakwah harus didasarkan pada prinsip-prinsip keislaman yang rahmatan lil’alamin sebagai upaya preventif mencegah pengaruh ekstremisme dan radikalisme yang jauh dari hakikat Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi dakwah Pondok Pesantren Al-Ishlah Bobos Cirebon dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, mulai dari komunikasi dakwah seorang da’i, penggunaan pesan dakwah yang mengandung nilai moderasi, penggunaan media dakwah, hingga penerimaan pesan dakwah oleh mad’u. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena penelitian dilakukan berdasarkan situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku, dan aktivitas yang saling bekaitan. Menggunakan paradigma konstruktivisme-interpretif, yakni peneliti menganalisis, mengkonstruksi, dan menginterpretasikan fenomena yang terjadi di lapangan berlandaskan teori model komunikasi David K. Berlo. Temuan hasil penelitian menunjukkan komunikasi dakwah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bobos yaitu suatu rangkaian proses komunikasi, dimulai dari komunikasi da’i yang pada proses penyampaian pesan dakwahnya menggunakan pendekatan da’wah bil-lisan (dakwah melalui lisan), da’wah bil-qalam (dakwah melalui tulisan), dan da’wah bil-hal (dakwah melalui perbuatan). Menyampaikan pesan dakwah yang mengandung nilai moderasi diantaranya tawassut (jalan tengah), tawazun (seimbang), tasamuh (toleransi), qudwatiyah (keteladanan), ishlah (perbaikan), dan tatawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif). Menggunakan media dakwah melalui pendidikan, halaqoh bahtsul masail, dan media internet. Adapun komunikasi dakwah mad’u, merupakan bentuk penerimaan pesan dakwah oleh mad’u yang menimbulkan efek kognitif dan behavioristik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Dakwah; Moderasi Beragama; Pondok Pesantren
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Husna Hisaba
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:21
Last Modified: 25 Jul 2023 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72129

Actions (login required)

View Item View Item