Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis Android upaya meningkatkan kualitas pembelajaran PAI : Penelitian di SMAN 24 Kota Bandung pada Mata Pelajaran PAI

Sobandi, Oban (2023) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis Android upaya meningkatkan kualitas pembelajaran PAI : Penelitian di SMAN 24 Kota Bandung pada Mata Pelajaran PAI. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran. Guru PAI pada umumnya dalam melakukan penilaian autentik masih menggunakan penilaian secara manual berbasis kertas, hal ini berdasarkan hasil angket kepada 100 orang guru PAI di Jawa Barat. Untuk mengefektifkan penilaian dalam pembelajaran perlu dikembangkan alat bantu yang dipandang relevan dan relatif mudah digunakan, sebagai bentuk pemanfaatan teknologi yang berdampak yang akan berdampak pada pencapai tujuan pembelajaran Instrumen penilaian berbasis android (mobile) dicoba dikembangkan sebagai alat bantu dalam proses penilaian autentik yang diasumsikan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan aplikasi penilaian autentik berbasis android pada mata pelajaran PAI, 2) Mendeskripsikan hasil validasi instrumen penilaian autentik berbasis android, 3) Mendeskripsikan implementasi aplikasi penilaian autentik berbasis android mata pelajaran PAI, dan 4) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran PAI setelah menggunakan penilaian autentik berbasis andorid. Pendekatan penelitian menggunakan mixed methods dengan desain eksploratoris sekuensial. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) desain yang digunakan yaitu 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Alat pengumpul data yang digunakan: observasi, angket, wawancara dan studi dokumentasi. Tenik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analsis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahapan pengembangan instrumen penilaian auntentik berbasis android laksanakan dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. 2) Hasil uji validasi ahli aplikasi berada pada kategori baik dengan skor 3,86, dan hasil validasi ahli evaluasi berada pada kategori baik dengan skor 3,46. Rata-rata hasil validasi secara umum pada kategori baik dengan skor 3,65. 3) Implementasi aplikasi instrumen penilaian berbasis android pada mata pelajaran PAI terlaksana dengan baik berdasar hasil observasi dengan skor 3,46. 4) Kualitas pembelajaran PAI setelah menggunakan aplikasi penilaian autentik berbasis androdid berada pada kualitas baik berdasarkan rata-rata hasil penilaian dengan skor 80.34. Dalam penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam penggunaan alat bantu penilaian dipandang membantu, maka selayaknya para guru PAI untuk meningkatkan kreativitasnya dalam menggunakan alat bantu dalam penilaian khususnya alat bantu penilaian berbasis android atau aplikasi e-assesment.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Instrumen; Penilaian; Autentik; Android; Kualitas Pembelajaran PAI
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Oban oban sobandi
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:26
Last Modified: 26 Jul 2023 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72172

Actions (login required)

View Item View Item