Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa

Hasanah, Fitri Amalia (2023) Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka..pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbantuan OLABS, menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan OLABS pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al Mukrom dengan jumlah 22 orang. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja secara keseluruhan mencapai nilai 90,2 dengan inperpretasi sangat baik. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan OLABS mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.47 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.53;0.30 dan 0.58 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS pada materi asam basa dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan nilai rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata prettest yaitu 73 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model inkuiri terbimbing; OLABS; asam basa; hasil belajar siswa
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitri Amalia Hasanah
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:01
Last Modified: 26 Jul 2023 06:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72295

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item