Hasanah, Fitri Amalia (2023) Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
cover.pdf Download (37kB) |
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka..pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbantuan OLABS, menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan OLABS pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al Mukrom dengan jumlah 22 orang. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja secara keseluruhan mencapai nilai 90,2 dengan inperpretasi sangat baik. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan OLABS mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.47 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.53;0.30 dan 0.58 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS pada materi asam basa dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan nilai rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata prettest yaitu 73 yang termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model inkuiri terbimbing; OLABS; asam basa; hasil belajar siswa |
Subjects: | Education, Research Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fitri Amalia Hasanah |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72295 |
Available Versions of this Item
-
Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. (deposited UNSPECIFIED)
- Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. (deposited 26 Jul 2023 06:01) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |