Keefektifan penggunaan media sosial Twitter @Kompas.com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi berita politik bagi mahasiswa : Studi deskriptif kuantitatif pada mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun akademik 2019

Choirunnisa, Tiaratri (2023) Keefektifan penggunaan media sosial Twitter @Kompas.com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi berita politik bagi mahasiswa : Studi deskriptif kuantitatif pada mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun akademik 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat banyak media baru bermunculan di dunia, hingga media yang menghampiri khalayak bukan sebaliknya. Sifat media baru seperti media sosial yang ditawarkan memungkinkan pengguna jauh lebih bisa adaptif dan bersosialisasi dengan masif. Twitter menjadi media yang diminati oleh mahasiswa sebagai medium pemenuhan informasi. Hal tersebut didukung oleh Survey Reuters Institute Digital News Report 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan penggunaan media sosial twitter @kompas.com. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan teori uses and gratification. Metode penelitian yang digunakan ialah metode survei dengan menyebarkan angket dan deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan hasil penelitian sesuai hasil data yang diperoleh Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh jumlah sampel sebanyak 64 responden dari total 175 populasi. Hasil penelitian memperoleh bahwa mahasiswa berperan aktif dalam menggunakan media sosial twitter @kompas.com. Penggunaan media sosial twitter @kompas.com memiliki hubungan kuat dan variabel konteks, koneksi, dan komunikasi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi berita politik bagi mahasiwa prodi Jurnalistik UIN Bandung tahun akademik 2019. Artinya, penggunaan media sosial twitter @kompas.com efektif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi berita politik bagi mahasiswa dan hasil penelitian ini mendukung teori uses and gratification.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan Twitter; Kebutuhan Informasi; Berita Politik
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tiaratri Choirunnisa
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:43
Last Modified: 26 Jul 2023 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72320

Actions (login required)

View Item View Item