Analisis perilaku sosial pengguna Tik Tok di kalangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa angkatan 2019-2022 Organisasi Daerah Kembang Anggalarang di Pangandaran

Santoso, Rio (2023) Analisis perilaku sosial pengguna Tik Tok di kalangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa angkatan 2019-2022 Organisasi Daerah Kembang Anggalarang di Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTA ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta sosial bahwa pengguna TikTok memiliki perilaku tertentu, tidak terkecuali pengguna TikTok di kalangan mahasiswa angkatan 2019-2022 yang merupakan anggota organisasi daerah Kembang Anggalarang. Penelitian ini hendak mengetahui perilaku sosial pengguna TikTok di kalangan mahasiswa angkatan 2019-2022 yang menjadi anggota organisasi daerah Kembang Anggalarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perilaku sosial mahasiswa angkatan 2019-2022 anggota organisasi daerah Kembang Anggalarang sebelum menjadi pengguna TikTok, 2). Perilaku sosial mahasiswa angkatan 2019-2022 angota organisasi daerah Kembang Anggalarang setelah menjadi pengguna TikTok, 3). Perubahan perilaku sosial mahasiswa angkatan 2019-2022 anggota organisasi daerah Kembang Anggalarang setelah menjadi pengguna TikTok. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead. Teori ini menekankan terhadap jalinan sebuah simbol dan interaksi. Dalam hal ini salah satu simbol berasal dari media yang membuat pola perilaku interaksi sosial mahasiswa berubah dengan adanya aplikasi TikTok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan itu ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan melalui tiga tahap: yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan penelitian pada organisasi daerah Keluarga Mahasiswa Bumi Pangandaran (Kembang Anggalarang) Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan aplikasi TikTok pada mahasiswa anggota organisasi daerah Kembang Anggalarang yaitu sebagai ajang mengekspresikan diri, menambah relasi virtual, mencari hiburan dan menghilangkan kepenatan/kejenuhan. Sedangkan perubahan perilaku mereka beragam dan masih terbilang wajar karena mereka menggunakannya hanya sebagai penghilang kebosanan serta hiburan semata disela-sela waktu luang mereka. Tapi banyak juga dari mereka yang menghabiskan waktunya hanya untuk meningkatan popularitas mereka didunia maya dengan berinteraksi dengan pengguna lainnya, melalui konten-konten yang mereka unggah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sosial; Tik Tok;
Subjects: Argument and Persuasion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rio Santoso
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:10
Last Modified: 27 Jul 2023 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72551

Actions (login required)

View Item View Item