Implementasi strategi Fundraising Digital BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat

Permana, Dian (2023) Implementasi strategi Fundraising Digital BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi strategi fundraising zakat yang tepat sasaran menjadi salah satu aspek penting dalam pengelolaan zakat. Potensi zakat di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan IPPZ meliputi objek zakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), pendapatan bukan ASN, perolehan zakat milik Badan Usaha Milik Daerah Provinsi dan zakat ritel. Potensi zakat di Provinsi DKI Jakarta mencapai 302,9 Miliar. BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta berupaya untuk mewujudkan salah satu rencana strategis tahun 2019-2024 yaitu implementasi sistem layanan dan proses administrasi berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program fundraising digital, anggaran fundraising digital dan prosedur fundraising digital yang dilakukan oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini merujuk pada teori yang dikemukakan oleh J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen tentang implementasi strategi mencakup pengembangan program, anggaran, dan prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan program fundraising digital yang dilakukan oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta yaitu dengan cara membuat struktur fundraising digital, rekrutmen dan pelatihan, promosi, budaya perusahaan, program kompensasi pimpinan, dan pemanfaatan media digital. Media digital yang paling optimal dalam penghimpunan dana zakat yaitu Instagram dan web simpul kebaikan. Kemudian anggaran fundraising digital disusun dengan mengacu pada target penghimpunan secara keseluruhan dan dibuatkan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT). Selanjutnya prosedur fundraising digital telah dibuat dan dijadikan pedoman kerja dalam melaksanakan aktivitas terkait fundraising digital yang ada di BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu implementasi strategi fundraising digital BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat melalui pengembangan program fundraising digital, anggaran fundraising digital dan prosedur fundraising digital telah mencapai sinergi serta dilakukan dengan baik sehingga realisasi penghimpunan dana zakat yang dilakukan pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 6% apabila dibandingkan dengan penghimpunan dana zakat tahun 2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: implementasi strategi; fundraising digital; Dana zakat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: dian permana
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:30
Last Modified: 27 Jul 2023 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72600

Actions (login required)

View Item View Item