Permana, Dian (2023) Implementasi strategi Fundraising Digital BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (627kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi strategi fundraising zakat yang tepat sasaran menjadi salah satu aspek penting dalam pengelolaan zakat. Potensi zakat di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan IPPZ meliputi objek zakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), pendapatan bukan ASN, perolehan zakat milik Badan Usaha Milik Daerah Provinsi dan zakat ritel. Potensi zakat di Provinsi DKI Jakarta mencapai 302,9 Miliar. BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta berupaya untuk mewujudkan salah satu rencana strategis tahun 2019-2024 yaitu implementasi sistem layanan dan proses administrasi berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program fundraising digital, anggaran fundraising digital dan prosedur fundraising digital yang dilakukan oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini merujuk pada teori yang dikemukakan oleh J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen tentang implementasi strategi mencakup pengembangan program, anggaran, dan prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan program fundraising digital yang dilakukan oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta yaitu dengan cara membuat struktur fundraising digital, rekrutmen dan pelatihan, promosi, budaya perusahaan, program kompensasi pimpinan, dan pemanfaatan media digital. Media digital yang paling optimal dalam penghimpunan dana zakat yaitu Instagram dan web simpul kebaikan. Kemudian anggaran fundraising digital disusun dengan mengacu pada target penghimpunan secara keseluruhan dan dibuatkan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT). Selanjutnya prosedur fundraising digital telah dibuat dan dijadikan pedoman kerja dalam melaksanakan aktivitas terkait fundraising digital yang ada di BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu implementasi strategi fundraising digital BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dalam upaya penghimpunan dana zakat melalui pengembangan program fundraising digital, anggaran fundraising digital dan prosedur fundraising digital telah mencapai sinergi serta dilakukan dengan baik sehingga realisasi penghimpunan dana zakat yang dilakukan pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 6% apabila dibandingkan dengan penghimpunan dana zakat tahun 2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi strategi; fundraising digital; Dana zakat |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | dian permana |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:30 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72600 |
Actions (login required)
View Item |