Pesan inspiratif foto jurnalistik di media Online : Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada foto Essay Pesepak Bola Difabel di media Online Kumparan

Hermawan, Robi (2023) Pesan inspiratif foto jurnalistik di media Online : Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada foto Essay Pesepak Bola Difabel di media Online Kumparan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Lazimnya permainan sepak bola mengandalkan anggota tubuh dimana dalam olahraga ini menendang bola merupakan gerakan yang menjadi teknik dasar. Untuk mencetak sebuah gol atau skor pemain harus tangkas, sigap, cepat dan baik dalam menguasai lapangan. Selain itu diperlukan pengasahan skill, teknik, taktik, dan mental sebagai bekal dalam mempersiapkan diri dalam olahraga sepak bola ini. ada faktor lain yang tak kalah penting dan menjadi modal utama permainan sepak bola yaitu kondisi fisik, namun apa jadinya jika dalam sebuah permainan sepak bola justru pemainnya adalah seseorang yang tidak memiliki salah satu anggota tubuh seperti kaki. Media online Kumparan melalui rubrik bola berhasil menampilkan foto essay bertemakan pesepak bola difabel yang dimuat 4 Desember 2021. Rangkaian foto essay tersebut terdiri dari sebelas foto yang mewakili kisah dari seorang pesepak bola difabel profesional di Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan inspiratif yang terkandung dalam sebelas foto yang terhimpun dalam foto essay berjudul “Melihat Kegigihan Pesepak Bola Difabel di Bandung: Mengejar Mimpi, Menanti Janji” dengan cara observasi dengan menggunakan kajian ilmu analisis semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce melalui segitiga makna (triangle of meaning). Adapun data penelitian ini dihimpun dengan cara melakukan wawancara dan observasi untuk kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa rangkaian foto essay yang menjadi objek penelitian skripsi ini mengandung pesan inspiratif, hal ini diketahui setelah dilakukan analisis dengan menggunakan teori triangle of meaning konsep Charles Sanders Peirce. Pada tahap sign, peneliti menemukan tanda seperti warna-warna, makhluk hidup, benda-benda mati, dan kegiatan manusia. Lalu pada tahap object, warna yang menyimbolkan sebuah rasa, aktivitas manusia, benda-benda yang digunakan sehari-hari, dan tempat untuk melakukan aktivitas. Setelah itu pada tahap terakhir interpretant, penelitian menemukan pesan yang disimpulkan sebagai pesan inspiratif yakni memiliki keterbatasan fisik bukan alasan untuk menjadi manusia lemah dan tidak berguna, percaya diri dan motivasi tinggi menjadi modal awal untuk mewujudkan mimpi, seberat apapun cobaan yang menimpa harus dihadapi dengan ketulusan hati bukan disesali, dan menyadari bahwa manusia memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpi dan memiliki potensi diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Inspiratif; Foto Jurnalistik; Media Online; Semiotika; Difabel
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Robi Hermawan
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:46
Last Modified: 27 Jul 2023 05:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72611

Actions (login required)

View Item View Item