Putri, Resha Devina (2023) Strategi Digital Public Relations dalam menyampaikan informasi melalui Instagram @bdg.disdik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
Abstract
Munculnya perspektif baru dengan adanya Digital Public Relations (Digital PR), disebabkan oleh perkembangan teknologi komunikasi. Aktivitas Digital PR turut dilakukan oleh lembaga maupun instansi guna melaksanakan pelayanan publik secara lebih efisien. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan media sosial salah satunya yaitu Instagram. Adanya Instagram digunakan sebagai media bagi berlangsungnya komunikasi dan penyampaian informasi sebagai bentuk pelayanan publik. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dengan menjalankan fungsi Digital PR melalui akun Instagram @bdg.disdik. Rangkaian aktivitas Digital PR dilakukan secara interaktif mulai dari melaksanakan keterbukaan informasi, menjadi fasilitator komunikasi, membangun kepercayaan (trust), hingga upaya dalam mempertahankan reputasi suatu lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Digital Public Relations dalam menyampaikan informasi melalui Instagram @bdg.disdik berdasarkan perspektif konsep The Circular Model of Some yang dikemukakan oleh Regina Luttrell yang meliputi empat aspek diantaranya, tahap share, optimize, manage, engage. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu deskriptif yang dalam pelaksanaannya melalui beberapa tahap yang terdiri dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Digital Public Relations dalam menyampaikan informasi melalui Instagram @bdg.disdik sesuai dengan keempat aspek pada The Circular Model of Some dengan indikator sebagai berikut : Pertama, tahap share (membagikan) dilakukan dengan tiga aspek yaitu, memanfaatkan beragam fitur guna menarik partisipasi publik, memberikan feedback sebagai upaya terhubung dengan publik, dan membangun kepercayaan. Kedua, tahap optimize (mengoptimalisasi) penyampaian pesan atau informasi dioptimalkan dengan dua aspek yaitu, memberikan pemahaman secara mendalam kepada publik dan berusaha membangun interaksi melalui unggahan konten informasi. Ketiga, tahap manage (mengelola) dilakukan dengan memantau performa Instagram melalui media monitoring dan menyajikan informasi actual secara real time. Keempat, tahap engage (melibatkan) dilakukan dengan menentukan target berdasarkan relevansi konteks informasi, serta melakukan kolaborasi konten.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations; strategi penyampaian informasi; Instagram |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Resha Devina Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72685 |
Actions (login required)
View Item |